Event‎ > ‎

RDK on Activity


RDK FM Laksanakan Laporan Pertanggungjawaban 6 Bulan Kepengurusan

diposting pada tanggal 10 Sep 2017 22.16 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Pemberian sertifikat kepada Muhammad Irvan sebagai salah satu anggota terbaik RDK FM

Setiap organisasi seyogyanya harus memiliki rencana-rencana yang baik. Rencana tersebut bisa menjadi rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, bahkan rencana strategis. Setiap rencana yang dibuat, nantinya akan menjadi program yang harus dilaksanakan. Program tersebut telah melewati persetujuan pengurus dan anggota yang terlibat, sehingga dapat dikatakan jika program tersebut berasal dari sumber daya manusia yang terdapat di organisasi itu sendiri.

RDK FM sebagai salah satu Lembaga Semi Otonom (LSO) di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bertepatan pada hari Minggu (10/09/2017), melaksanakan kegiatan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) 6 bulan. Kegiatan LPJ 6 bulan ini sebagai bentuk evaluasi dan pemantauan kinerja RDK FM setelah melewati setengah masa jabatan. Kegiatan LPJ tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota RDK FM masa kepengurusan 2017. Selain itu, alumni pengurus RDK FM yang kerap disebut Dewan Pembina RDK (DEBAR) dan Dewan Kehormatan RDK (DKR) turut andil dalam acara yang pada awal rencananya dimulai sejak jam 7 pagi ini.

Rangkaian acara yang melibatkan seluruh pengurus dan anggota RDK FM ini, memiliki agenda utama, yakni pembacaan hasil laporan kinerja setiap departemen yang ada di RDK FM. Salah satu departemen yang membacakan hasil LPJ 6 bulannya adalah Music Director.

“Situasi jalannya LPJ 6 bulanan ini berjalan cukup baik. Setiap pengurus dan anggota menjadi tahu porsi dan kinerja di tiap-tiap departemen. Alasan mengapa LPJ 6 bulanan ini harus diadakan, karena ini menjadi bahan evaluasi serta cara kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya diperbaiki. Kita juga dapat mengetahui kelebihan apa yang membedakan kepengurusan tahun ini dan tahun sebelumnya. Namun, kendala di dalam acara ini adalah waktu pelaksanaan yang ngaret. Acara yang harusnya mulai jam 7 pagi, menjadi molor sampai jam 9 karena satu dan lain hal. Harapannya setelah LPJ 6 bulan ini, semua hal yang menjadi masalah dapat ditanggulangi secepatnya,” ungkap ketua Music Director RDK FM, Tasya Atmadinata.

Selaras dengan pernyataan Tasya, Fitrah yang merupakan anggota RDK FM dan bernaung di departemen Marketing Communication pun ikut berujar. “LPJ 6 bulanan ini bisa juga dianggap sebagai evaluasi, baik itu evaluasi diri maupun evaluasi tim. Semoga setelah dilakukannya acara ini, setiap departemen dapat menuntaskan sisa program kerja yang telah direncanakan,” tuturnya.

Sebelum menutup acara yang dilaksanakan hingga petang ini, HRD membacakan beberapa pengurus dan anggota muda RDK FM yang terpilih sebagai yang terbaik. Nama-nama itu terdiri dari Salsabila Abdat, Martini, Muhammad Irvan, dan juga Sumayyah Ghirlfy. Diharapkan, lekas penetapan pengurus dan anggota terbaik ini, dapat mendongkrak kinerja bagi seluruh sumber daya manusia yang ada di RDK FM.

(Fathur Alfarizi)

Kunjungan RDK bersama DNK Mengeksplor INewsTV

diposting pada tanggal 17 Agt 2017 08.03 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui17 Agt 2017 08.12 ]

Foto bersama RDK, DNK dan GM usai kunjungan di iNewsTV

Media adalah suatu hal yang menjadi sasaran seseorang maupun sekelompok masyarakat untuk mengetahui informasi yang ada. Pentingnya dalam sebuah capaian informasi yang diterima, akan menjadi wadah ilmu pengetahuan serta tindakan yang nantinya akan berpengaruh pada negeri tercinta ini. Macam-macam komunikasi dibagi menjadi tiga, yaitu komunikasi audio seperti radio, komunikasi visual seperti poster, dan komunikasi audio visual yaitu televisi. Mengetahui banyaknya macam-macam komunikasi dengan mengeksplor berbagai kegiatan di dalamnya adalah hal yang amat menarik dan dapat menjadi bekal ilmu untuk masa depan.

Rabu (16/8) telah dilakukannya kunjungan ke iNewsTV, yang merupakan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK) bersama Dakwah and Komunikasi (DNK) telah mengeksplor kegiatan-kegiatan maupun program yang ada di iNewsTV, guna menjadi bahan berkomunikasi untuk menunjang Lembaga Otonom (LO) di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) nantinya. Keberangkatan dengan jumlah 25 orang utusan ini, menggunakan akomodasi bis UIN Jakarta, dimulai dari pukul setengah 2 siang, kemudian sampai di lokasi Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat MNC Tower pada pukul tiga sore. “Manfaatkan kunjungan ini, dengan  megeksplor seluruh informasi dan kinerja iNewsTV yang nantinya akan berguna bagi LO di Fdikom,” ujar Dedi Fahrudin, M. Ikom  sebagai General Manager (GM) RDK dan DNK.

Ditemani oleh dua orang bagian hubungan masyarakat iNewsTV, RDK dan DNK mulai menjelajahi berbagai ruangan studio iNewsTV di beberapa lantai MNC Tower. Selagi menyelam minum air merupakan suatu ungkapan yang cocok digunakan dalam kunjungan kali ini. iNewsTV yang merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang ada di PT. MNC (Media Nusantara Citra) Group, yang letak gedungnya berada dalam MNC Tower, yang mana bangunan tersebut bersamaan dengan stasiun televisi swasta lainnya, seperti MNC TV, RCTI, dan Global TV. Jadilah kunjungan ini juga mendatangi berbagai ruangan studio maupun ruangan pengeditan, serta produksi video untuk program-program yang  ada di televisi swasta PT. MNC Group.

Dengan mendatangi berbagai lantai yang merupakan lokasi studio televisi swasta PT. MNC Group, Annisa Chairi Renata sebagai produser di salah satu program iNewsTV mengatakan, sudah mumpuninya pengetahuan seputar penyiaran yang RDK dan DNK ketahui, sehingga tak perlu penjelasan lebih detailnya. Akan tetapi, hal tersebut tak mengurangi rasa ingin tahu RDK dan DNK dengan seluruh peralatan dan tugas para kru yang ada di iNewsTV.

Selama kurang lebih dua jam setengah RDK dan DNK, serta ditemani oleh Dedi Fahrudin, M. Ikom  sebagai GM RDK dan DNK mengarungi berbagai ruangan dan informasi seputar pengeditan, penayangan, liputan di lapangan, serta proses mengolah berita barulah kunjungan ini diakhiri dengan sesi pemotretan dan penyerahan cinderamata kepada iNewsTV. “Suatu perjalanan yang mengesankan dengan berbagai pengolahan ilmu yang didapat dari kunjungan ini,” ungkap Evi Nur Hayati sebagai salah satu perwakilan dari RDK.

Radhina Rifa Muthiah

News Department RDK FM Lakukan Kunjungan ke Sonora FM

diposting pada tanggal 4 Jun 2017 21.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Foto bersama pihak HRD Sonora FM usai melakukan kunjungan radio

Sempat mengalami re-schedule karena gagal pada kunjungan pertama, News Department RDK FM akhirnya berhasil melakukan kunjungan ke Sonora FM di bilangan Jakarta Barat. Berangkat menggunakan TransJakarta, Jumat 2 Juni 2017 pukul 10.00 WIB ke gedung Kompas Gramedia lantai lima, jalan kebahagiaan Jakarta Barat.  Dipandu oleh Human Resource Development (HRD) Radio Sonora Bapak Conrat, news department RDK FM melakukan kunjungan radio mulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.30 WIB.

Melakukan kunjungan dengan lokasi yang cukup jauh dari lokasi kampus UIN Jakarta pada saat melaksanakan ibadah puasa, tidak menyurutkan semangat pimpinan redaktur, redaktur, tujuh orang reporter dan sekretaris dalam melakukan kunjungan. Kunjungan dibuka, dengan sesi Tanya jawab pada Bapak Conrat sebagai HRD Sonora FM di ruang meeting. Peserta kunjungan tampak antusias, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang terlontar, mulai dari teknis siaran di Sonora, sejarah berdiri, teknis program, marketing yang digunakan dan yang utama teknis jurnalisme Sonora FM sebagai radio berita, yang memiliki segmentasi pasangan berkeluarga.

Sekali mendayung dua sampai tiga pulau terlampaui, nampaknya pas dengan News Department saat melakukan kunjungan. Sonora FM yang tergabung dalam Kompas Gramedia Group, memiliki studio yang letaknya berdampingan dengan Motion FM, dan Smart FM. Beruntung, RDK FM mendapat kesempatan mengunjungi studio Sonora FM, Motion FM dan Smart FM sekaligus. Tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, tim kunjungan radio antusias mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teknis keradioan. Beruntung saat mengunjungi studio Sonora FM, news department dapat berjumpa dengan beberapa wartawan senior Sonora FM. Pertanyaan seputar jurnalisme yang sempat menggantung akhirnya terjawab tuntas. Suka duka dan pengalaman menjadi wartawan profesional mengalir dan disimak dengan baik oleh peserta kunjungan.

 “Kunjungan radio ini dilakukan agar News Department lebih baik kedepannya. Beruntung di Kompas Gramedia terdapat tiga radio, jadi kita bisa mendapat ilmu dari tiga radio sekaligus dalam satu kunjungan. Semoga dengan adanya kunjungan radio ini, News Department RDK FM bisa lebih baik, baik dalam jurnalistik radionya maupun dalam siaran serta berorganisasi dalam RDK FM,” ungkap Pimpinan redaksi Anida Najiyah Siti Solehah.

Sama seperti Anida, ungkapan positif pun datang dari Radhina Rifa. “Kunjungan radio ini sangat menyenangkan karena kita beruntung dapat mendapatkan ilmu dari tiga radio sekaligus. Kunjungan ini juga sangat menambah wawasan dan pengalaman, yang harapannya dapat memotivasi dan diaplikasikan di RDK ke depannya,” ungkap Radhina Rifa Muthiah, salah satu reporter di RDK FM yang mengikuti kunjungan.

Waktu sudah sore saat akhirnya tim news department RDK FM harus mengakhiri kunjungan. Sebelum pamit dilakukan serah terima cinderamata dari RDK FM untuk pihak Sonora FM serta foto bersama. Tim kunjungan radio kembali ke UIN Jakarta saat langit mulai gelap, meski akhirnya harus berbuka puasa di halte TransJakarta, kunjungan radio ke Sonora FM sukses terlaksana dengan membawa pulang banyak ilmu keradioan dari Sonora, Motion dan Smart FM.

(Syarifatul Adibah)

Belajar Radio with Prambors FM

diposting pada tanggal 15 Apr 2017 05.42 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Peserta Belajar Radio with Prambors sedang asik memperhatikan Eda dan Mario
menjelaskan teknik siaran radio

Suatu hal yang yang tak dapat dipungkiri, zaman telah beralih untuk memakai teknologi yang lebih modern. Radio adalah salah satu bentuk nyata dari zaman teknologi saat ini. Modifikasi radio di Indonesia yang mulanya memasuki Negara Ibu Pertiwi ini, ialah pada tahun 1985 yang hanya menjangkau wilayah setempat, hingga saat ini jangkauan radio telah memasuki kancah internasional, dengan adanya streaming. Hal itulah yang  menyebabkan radio lebih banyak didengar serta dinikmati, sebagai teman dikala sendiri.

Ketertarikan oleh khalayak umumlah, yang menyebabkan timbul keinginan Ilham, sebagai pendiri dari Belajar Radio with Prambors FM untuk mengenalkan teknik serta prosedur penyiaran dalam bidang keradioan. Kebahagiaan yang terpancar dari wajah-wajah pengurus maupun anggota muda RDK FM periode 2016-2017, setelah resminya terjalin kerjasama antara pihak Prambors FM dan RDK FM untuk mengadakan sebuah acara yang spektakuler, dengan mengangkat sisi edukasi seputar kepenyiaran radio, dengan nama acara “Belajar Radio with Prambors FM”.

Dilakukan rapat rutin setiap minggunya, telah menunjukkan bukti kerja keras panitia-panitia  RDK FM untuk mensukseskan agenda yang amat bersejarah ini. Raudhatusshifa sebagai Station Manager RDK FM mengatakan, acara Belajar Radio with Prambors FM ini merupakan acara pertama bagi RDK FM dalam segi kerjasama dengan pihak Prambors FM dalam menjalin hubungan perihal belajar kepenyiaran radio.

“Acara Belajar Radio with Prambors FM merupakan bentuk perjalinan kerjasama antara pihak Prambors FM dan sepuluh kampus yang tersebar di Jabodetabek, dan UIN Jakarta adalah salah satu universitas yang dipilih oleh Prambors FM,” ujar Dinda Jayzah sebagai ketua pelaksana acara Belajar Radio with Prambors FM.

Detik-detik menuju Kamis, 13 April 2017, telah sibuk beberapa pihak utusan Prambors FM yang dibantu oleh RDK FM untuk mendekorasi ruangan Teater Aqib Suminto lantai dua, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta yang akan diselenggarakannya acara Belajar Radio with Prambors FM. Saat yang paling mendebarkan, ialah ketika acara Belajar Radio with Prambors FM dibuka oleh Master of Ceremony (MC) sehingga menjadikan pondasi awal terbentuknya sejarah baru di RDK FM dengan pihak Prambors FM.

Acara yang dimulai dari pukul 09.00-12.00 WIB, diisi oleh kemeriahan yang amat membekas dan memberikan warna bagi keceriaan peserta-peserta. Setelah dibuka oleh MC, acara dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Dakwah, selanjutnya sambutan-sambutan dari Dinda Jayzah sebagai ketua pelaksana acara Belajar Radio with Prambors FM, Raudhatusshifa sebagai Station Manager RDK FM, serta Dedi Fahrudin, M. I. Kom sebagai General Manager RDK FM.

Barulah masuk ke acara inti, yang diisi oleh pihak dari Prambors FM yaitu Mario Pratama dan Eda yang akan memandu dan memeriahkan Belajar Radio with Prambors FM. Mario dan Eda mengawali acara Belajar Radio with Prambors FM, dengan memberikan praktik senam wajah yang kemudian diikuti oleh para peserta. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tips dan trik siaran yang benar, kemudian diakhiri dengan berpartisipasinya para peserta untuk mempraktikkan ilmu yang telah dijelaskan oleh ‘Duo Bujang’ dalam tips dan trik siaran yang benar. Lima kelompok yang terdiri dari setiap kelompoknya dua orang, diberikan waktu untuk mencoba memeraktikkan ilmu penyiaran radio yang telah disediakan oleh panitia.

Setelah setiap kelompok membawa siaran yang membuat gelak tawa akan lelucon mereka, dipilihlah satu pasangan yang paling baik dari yang terbaik. Ialah kelompok ‘Duo Mutan’ yang terdiri dari Mute dan Tanti, yang kemudian selanjutnya sesi tanya jawab dari para peserta. Mario mengungkapkan, antusiasme para peserta terbukti pada saat sesi tanya jawab yang mengajukan banyak pertanyaan, hanya saja dibatasi hanya lima penanya, maka hanya lima penanyalah yang terpilih. Padahal, Mario sangat ingin menjawab semua pertanyaan dari seluruh peserta.

Tak hanya itu saja, acara yang amat berkesan ini ditutup dengan hiburan dari “Rivan and Abdul Coffee Theory”. Antusiasme dari para peserta amat terpampang jelas dari wajah-wajah mereka. “Kami mencetak 200 tiket untuk para peserta, hanya saja 170 orang yang datang. Namun, ini tak menyurutkan antusiasme dan perhatian dari para peserta untuk Duo Bujang maupun Rivan and Abdul Coffee Theory,” ungkap Dinda. Acara yang terselenggara hingga pukul 12.00 WIB menghasilkan kesuksesan yang amat berarti untuk RDK FM kedepannya.

“Nama RDK FM pun telah mengudara di Prambors FM karena sebagai salah satu dari sepuluh kampus yang terpilih se-Jabodetabek. Hal inilah, yang dapat meningkatkan brand RDK FM,” ungkap Raudhatusshifa, sebagai Station Manager RDK FM.

(Radhinarifa Muthiah)

RDK FM Berusia 13 Tahun

diposting pada tanggal 3 Apr 2017 10.06 oleh Radio RDK UIN Jakarta


Usai pemotongan tumpeng oleh General Manager RDK FM Dedi Fahrudin, M.I.Kom bersama
Station Manager Raudhatusshifa

Pagi itu, lalu lalang anggota RDK FM terlihat di sekitaran Aula Madya UIN Jakarta. Cerahnya langit turut menemani wajah-wajah sumringah para anggota RDK untuk menyambut hari bahagia yang ke-13. Minggu, 2 April 2017 tepat di usia 13 tahun Radio Dakwah Komunikasi (RDK) FM menyelenggarakan hari lahirnya sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.  Acara yang bertema “Take Our Memories to Our Historyini tidak hanya dihadiri oleh anggota dan pengurus RDK saja, tetapi juga alumni RDK FM, Dewan Pembina RDK (DEBAR), Dewan Kehormatan RDK (DKR), perwakilan Dewan Mahasiwa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Dema Fdikom), Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ), lembaga otonom (LO), dan lembaga semi otonom (LSO) juga turut meramaikan ulang tahun yang dikemas untuk mengenang kembali kisah perjalanan para anggota RDK FM.

Ulang tahun RDK FM ke-13 ini dimulai dengan pembukaan dari pukul 09.00 – 09.05, pembacaan kalam ilahi pukul 09.05 – 09.10, sambutan ketua pelaksana, Station manager, dan General manager dari 09.10 – 09.30, dan dilanjutkan dengan pembacaan yasin bersama yang di pandu oleh Muhammad Fitrah Maulana hingga pukul 10.00. kemudian acra dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis bahwa RDK FM telah menginjak usia yang ke 13 oleh general manager, dan sation manager  hingga pukul  10.10 WIB. Tidak hanya itu, milad ini juga mengadakan games diantaranya tebak nama, panjang panjangan, make up challange, dan joget balon yang mengikutsertakan tamu undangan Debar, DKR, serta pengurus dan anggota muda dari pukul 10.40 – 12.30 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan solat dan makan bersama serta menyaksikan kembali tayangan yang menampilkan perjalanan para anggota RDK FM hingga pukul 13.40, tak lupa acara diakhiri dengan pengumuman lomba, pembagian hadiah serta penutup dan do’a pada pukul 14.05 WIB.

Ketua Pelaksana Ulang tahun RDK FM, Martini mengungkapkan bahwa persiapan sudah dibentuk sejak jauh-jauh hari dengan membentuk susunan kepanitian dari divisi acara, konsumsi, humas, perdekdok, akomodasi dan lainnya.

“Persiapan sudah matang, sehingga pada hari H cukup menunggu tamu undangan datang. Dengan kerjasama dari semua anggota RDK FM akhirnya tidak ada kendala yang terjadi. Meski sempat ada kendala kecil, tapi tidak terlalu berresiko. Harapan saya kedepannya dengan ulang tahun RDK FM ke-13 ini semoga RDK semakin maju dan berkembang,” ujar perempuan kelahiran Kalimantan ini.

Sama halnya dengan Martini.  Station manager  RDK FM, Raudahtushiffa menguraikan perasaan bahagianya. Perasaan saya di hari ulang tahun RDK FM ini senang, karena RDK sudah mengudara selama 13 tahun dan saya pun berharap semoga RDK kedepannya semakin mengudara luas dimanapun. Semoga RDK juga menjadi media yang dapat menghadirkan konteks menghibur dan membangun,” ucap perempuan berkulit putih tersebut.

(Seli Nursolihat)

Rapat Kerja RDK FM Kepengurusan 2017-2018

diposting pada tanggal 7 Mar 2017 04.13 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Suasana rapat kerja RDK FM saat sedang memparkan program kerja

Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK) FM telah mengadakan acara rapat kerja untuk kepengurusan  periode 2017-2018. Rapat kerja ini menjadi agenda rutin setiap kepengurusan yang baru. Acara yang bertempat di Aula Madya lantai satu UIN Jakarta pada Sabtu (3/3), dihadiri oleh Dewan Pembina RDK (DEBAR), Dewan Kehormatan RDK (DKR), pengurus, anggota muda, serta para tamu undangan seperti Dewan eksekutif Mahasiswa Fakultas (Dema-F), Senat Mahasiswa (Sema), dan komunitas Journo Liberta.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 hingga 15.30 WIB ini dibuka oleh Master of Ceremony (MC) Adibah, kemudian acara selanjutnya memparkan program rapat kerja yang pertama oleh production manager. Pada program kerja satu tahun kedepan, production manager memaparkan empat program baru dan seluruh divisi yang berada di production manager mempunyai program kerja baru pula untuk satu tahun kedepan.

Senada dengan production manager, program kerja administration manager pun mempunyai tiga program kerja yang baru  dan seluruh divisi yang berada di administration manager mempunyai program kerja yang baru. Hal ini bertujuan agar selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya demi kemajuan RDK FM.

Saat ditemui usai acara, ketua pelaksana, Dani mengungkapkan mempersiapkan acara rapat kerja dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu. Ia mengatakan, rapat kerja berjalan sesuai harapan dan lancar walaupun ada beberapa kekurangan dan kendala. “Masalah pemasangan spanduk untuk presentasi  sedikit terhambat, jadi memakan waktu hingga setengah jam dan para audience juga kurang kondusif,” tegasnya. Sebagai ketua pelaksana, Dani berharap agar program yang dikemukakan saat rapat kerja bisa sesuai rencana, selalu sukses mengudara  untuk satu tahun kedepan, dan tahun-tahun berikutnya.

Station Manager RDK FM, Raudahtushiffa mengungkapkan dengan diadakan rapat kerja, pengurus dan anggota muda bisa mengetahui program kerja apa saja yang akan dilaksanakan satu tahun kedepan. Selain itu, pengurus juga bisa mempertanggung jawabkan program kerjanya di Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) nanti. “Setelah rapat kerja, RDK FM akan melaksanakan acara ulang tahun pada 2 April mendatang,” ujar perempuan yang kerap disapa Shifa tersebut.

(Shari Ayu)

Pengukuhan Kepengurusan Baru RDK FM Periode 2017-2018

diposting pada tanggal 28 Feb 2017 09.14 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui28 Feb 2017 09.16 ]

Proses pembacaan ikrar dipimpin oleh GM RDK FM Dedi Fahrudin, M.Ikom.

Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK) FM telah mengadakan acara pengukuhan untuk kepengurusan baru periode 2017-2018 pada Selasa (28/2). Acara yang bertempat di teater lantai dua Profesor Aqib Suminto, gedung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta ini dihadiri oleh General Manager (GM) RDK FM, Dewan Pembina RDK (Debar), Dewan Kehormatan RDK (DKR) serta pengurus dan anggota muda.

Acara yang dimulai pukul 4 hingga setengah 6 sore ini didahului oleh pembukaan yang dipimpin oleh master of ceremony (MC) Wafa, kemudian diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya yang dipimpin oleh Siti Fatimah. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pembacaan surat keputusan (SK) dan ikrar yang dipimpin oleh GM Dedi Fahrudin, M.Ikom. Setelah itu, sedikit sambutan datang dari station manager (SM) Raudhatusshifa, perwakilan Debar, Anggy Masyyta serta GM, Dedi Fahrudin, M.Ikom. Kemudian, acara ditutup oleh pembacaan doa oleh anggota muda Muhammad Fitrah Maulana dan sosialisasi oleh Information and Technology (IT) departement.

Saat ditemui usai acara, GM RDK FM, Dedi Fahrudin,M.Ikom mengemukakan, seluruh rangkaian tersebut memiliki makna yakni untuk menunjukkan rasa nasionalisme maka dinyanyikanlah lagu kebangsaan indonesia raya, sementara untuk menunjukkan jati diri keislaman UIN Jakarta maka dilakukanlah pembacaan doa. “kemudian pembacaan ikrar bertujuan agar para pengurus dan anggota muda terlantik dapat berkomitmen pada amanah yang diberikan,” Papar Dedi. Selain itu, Dedi berharap agar di tahun ini streaming 107,9 RDK FM dapat berjalan semakin baik, mengingat goals dari RDK sendiri adalah untuk terus mengalami peningkatan di tiap tahunnya.

Harapan lain juga disampaikan oleh SM RDK FM, Raudhatusshifa. Shifa berharap agar setelah dilakukannya acara pengukuhan ini para pengurus dan anggota muda dapat bertanggungjawab pada ikrar yang telah diucapkan. “Hal ini dikarenakan ikrar tersebut merupakan janji kepada diri sendiri dan juga allah subhanahu wa ta’alla,” jelas Shifa. Sementara itu, ia mengaku untuk keseluruhan acara berjalan dengan lancar.

(Faizah Fitriah)

Keseruan Musyawarah Anggota VI RDK FM

diposting pada tanggal 13 Feb 2017 17.13 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui13 Feb 2017 17.17 ]

Anggota RDK FM  sedang menyaksikan Calon Station Manager memaparkan visi dan misi

Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK FM) melaksanakan  musyawarah anggota (musang) periode 2016-2017 di Sekretariat Meunasah Fatahilah pada Jumat (10/2) hingga Minggu (12/2). Musang dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri atas Dewan Pembina RDK (DEBAR), Dewan Kehormatan RDK (DKR), pengurus, calon pengurus, dan calon anggota muda. Kegiatan dilaksanakan dengan berbagai macam rangkaian acara, dimulai dari pembukaan oleh presidium sidang sementara, sidang pendahuluan, pemilihan dan penetapan presidium tetap, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), Garis Besar Deskripsi Kerja (GBDK), dan dilanjut dengan pemilhan Station Manager (SM) periode 2017-2018.

Musang merupakan kegiatan yang sangat berkesan bagi para calon anggota muda. Selama acara berlangsung terjadi banyak keseruan seperti perdebatan, argumentasi, peserta yang hampir terjatuh karena mengantuk, dan ketegangan ketika terjadi perbedaan pendapat antar peserta. Tak kalah menegangkan juga ketika hari terakhir musang yaitu pemilihan SM baru yang dimulai pukul 14.30 WIB. Calon SM 2017-2018 terdiri atas tiga kandidat dengan nomor urut pertama Raudahtusshifa, kedua Sulistyaningsih, dan ketiga Yama Nuraini. Ketiganya berasal dari divisi yang berbeda-beda. 

Sebelum dilakukannya pemilihan, para Calon SM melakukan pemaparan dan penjelasan visi misi, dilanjutkan dengan acara pertunjukan bakat annoucing skill, menjawab pertanyaan dari panelis yang merupakan DKR, tanya jawab dengan para audience, dan masing-masing Calon SM mengajukan pertanyaan untuk Calon SM lainnya.

Tiba dipenghujung acara, pemilihan Calon SM dilakukan melalui voting. Namun sebuah kejadian langka terjadi, hasil pemungutan suara antara Calon SM nomor urut satu dan tiga memiliki selisih tipis. Suara yang diperoleh Raudahtushiffa sebanyak 35 suara, Sulistyaningsih sebanyak 8 suara, dan Yama Nuraini sebanyak 36. Suara yang diperoleh kedua pihak, belum memenuhi tata tertib pemilihan, yaitu suara yang diperoleh harus 50%+1. Oleh karena itu, dilakukan pemilihan putaran kedua untuk nomor urut satu dan tiga. Hasil akhir dari putaran kedua menyatakan bahwa Raudhatusshifa terpilih sebagai SM dengan hasil sebanyak 41 suara, sedangkan Yama Nuraini memperoleh 38 suara. Dengan demikian, Raudahtusshifa, resmi menjadi Station Manager, Yama Nuraini sebagai Administration Manager, dan Sulistyaningsih sebagai Production Manager. Raudahtusshifa membuat sejarah pertama dari divisi Sekretaris yang menjadi Station Manager.

Station Manager 2016-2017, Ayudya Annisa mengatakan, pemilihan calon SM tahun lalu lebih menegangkan dibanding tahun ini. “Pemilihan Calon SM tahun lalu lebih tegang, karena DEBAR dan DKR yang tegas. Bedanya dengan tahun lalu, tidak ada annoucing skill,” ujar perempuan yang kerap disapa Ayu. Ia berpesan agar hal-hal buruk dalam musang tidak terulang lagi pada tahun depan.

Pendapat lain disampaikan anggota muda, Adnan Toyib. Menurutnya sebagai anggota muda, banyak manfaat yang bisa diambil dari musang. “Saya dapat mengetahui bagaimana program dan kinerja dalam satu periode kedepan yang harus dijalankan, menambah pengetahuan tentang AD, ART, dan GBDK dalam RDK FM meskipun harus kuat menahan rasa kantuk yang hebat” ungkap Adnan.

(Naila Fitri)

Berbagi Bersama Caaangmud RDK Fm 2016/2017

diposting pada tanggal 5 Feb 2017 06.49 oleh Radio RDK UIN Jakarta

                                Anak-anak Yayasan Al-Mubarokah sedang menunjukkan kertas yang bertuliskan cita-cita
                                                                                untuk digantungkan di pohon harapan

Sabtu (4/2), bantuan sosial (bansos) yang bertema Aliansi (Alirkan Kasih Lewat Frekuensi) diselenggarakan oleh calon anggota muda RDK Fm periode 2016-2017. Bansos ini dilaksanakan di panti sosial asuhan anak Yayasan Al-Mubarokah Pasar Jum’at dan dimulai sejak pukul 09.30-12.00 WIB. Kegiatan sosial yang persiapannya dimulai sejak satu setengah bulan silam ini, tidak hanya dihadiri oleh anggota muda dan pengurus, namun juga Dewan Pembina RDK (Debar), Dewan Keanggotaan RDK (DKR), tamu undangan dari Lembaga Seni Otonom (LSO) dan perwakilan jurusan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom).

Acara bansos dibuka dengan sambutan ketua pelaksana dan kepala panti, serta pembacaan ayat suci Al-Quran oleh perwakilan anak Yayasan Al-Mubarokah. Anak-anak diajak bermain games mulai dari mobil tabrak, sendok gundu (SenDu), dan beberapa games selingan seperti motor boating, dan ulang kata. Anak-anak juga diajak menuliskan cita-cita mereka pada selembar kertas untuk digantungkan di pohon harapan yang dipandu oleh Iit Septyaningsih, alumni RDK Fm dari angkatan 2009, yang juga sebagai pembicara pada acara sharing motivation. Hal ini dimaksudkan agar peserta termotivasi untuk meraih cita-cita yang telah mereka tuliskan dan digantung pada pohon harapan. Bansos diakhiri dengan pembagian goodiebag, santunan dan makan siang kepada 27 anak panti, serta bantuan peralatan kebersihan, sembako dan biaya renovasi panti,  saat menyentuh waktu sholat dhuhur.

Ketua Pelaksana bansos, Muhammad Fathur Muharram Al-farizi menyatakan kepuasannya terhadap acara bansos. “Alhamdulillah, bansos bertema Aliansi kali ini berakhir dengan memuaskan. Meski sempat ada kendala, tapi teman-teman panitia dengan sigap mampu mengatasinya. Hadir dan partisipasi senior dalam acara ini juga sangat membantu dalam mensukseskan acara,” tutur lelaki yang kerap disapa fathur tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh koordinator acara, Sumayyah Ghfirly. Menurutnya, Aliansi berjalan dengan baik meskipun segmentasi peserta bansos sempat mengalami kendala dari pihak yayasan.


(Syarifatul Adibah)

Tanpa judul

diposting pada tanggal 5 Feb 2017 06.20 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui5 Feb 2017 07.54 ]


1-10 of 22