Event‎ > ‎RDK on Activity‎ > ‎

News Department RDK FM Lakukan Kunjungan ke Sonora FM

diposting pada tanggal 4 Jun 2017 21.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Foto bersama pihak HRD Sonora FM usai melakukan kunjungan radio

Sempat mengalami re-schedule karena gagal pada kunjungan pertama, News Department RDK FM akhirnya berhasil melakukan kunjungan ke Sonora FM di bilangan Jakarta Barat. Berangkat menggunakan TransJakarta, Jumat 2 Juni 2017 pukul 10.00 WIB ke gedung Kompas Gramedia lantai lima, jalan kebahagiaan Jakarta Barat.  Dipandu oleh Human Resource Development (HRD) Radio Sonora Bapak Conrat, news department RDK FM melakukan kunjungan radio mulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.30 WIB.

Melakukan kunjungan dengan lokasi yang cukup jauh dari lokasi kampus UIN Jakarta pada saat melaksanakan ibadah puasa, tidak menyurutkan semangat pimpinan redaktur, redaktur, tujuh orang reporter dan sekretaris dalam melakukan kunjungan. Kunjungan dibuka, dengan sesi Tanya jawab pada Bapak Conrat sebagai HRD Sonora FM di ruang meeting. Peserta kunjungan tampak antusias, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang terlontar, mulai dari teknis siaran di Sonora, sejarah berdiri, teknis program, marketing yang digunakan dan yang utama teknis jurnalisme Sonora FM sebagai radio berita, yang memiliki segmentasi pasangan berkeluarga.

Sekali mendayung dua sampai tiga pulau terlampaui, nampaknya pas dengan News Department saat melakukan kunjungan. Sonora FM yang tergabung dalam Kompas Gramedia Group, memiliki studio yang letaknya berdampingan dengan Motion FM, dan Smart FM. Beruntung, RDK FM mendapat kesempatan mengunjungi studio Sonora FM, Motion FM dan Smart FM sekaligus. Tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, tim kunjungan radio antusias mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teknis keradioan. Beruntung saat mengunjungi studio Sonora FM, news department dapat berjumpa dengan beberapa wartawan senior Sonora FM. Pertanyaan seputar jurnalisme yang sempat menggantung akhirnya terjawab tuntas. Suka duka dan pengalaman menjadi wartawan profesional mengalir dan disimak dengan baik oleh peserta kunjungan.

 “Kunjungan radio ini dilakukan agar News Department lebih baik kedepannya. Beruntung di Kompas Gramedia terdapat tiga radio, jadi kita bisa mendapat ilmu dari tiga radio sekaligus dalam satu kunjungan. Semoga dengan adanya kunjungan radio ini, News Department RDK FM bisa lebih baik, baik dalam jurnalistik radionya maupun dalam siaran serta berorganisasi dalam RDK FM,” ungkap Pimpinan redaksi Anida Najiyah Siti Solehah.

Sama seperti Anida, ungkapan positif pun datang dari Radhina Rifa. “Kunjungan radio ini sangat menyenangkan karena kita beruntung dapat mendapatkan ilmu dari tiga radio sekaligus. Kunjungan ini juga sangat menambah wawasan dan pengalaman, yang harapannya dapat memotivasi dan diaplikasikan di RDK ke depannya,” ungkap Radhina Rifa Muthiah, salah satu reporter di RDK FM yang mengikuti kunjungan.

Waktu sudah sore saat akhirnya tim news department RDK FM harus mengakhiri kunjungan. Sebelum pamit dilakukan serah terima cinderamata dari RDK FM untuk pihak Sonora FM serta foto bersama. Tim kunjungan radio kembali ke UIN Jakarta saat langit mulai gelap, meski akhirnya harus berbuka puasa di halte TransJakarta, kunjungan radio ke Sonora FM sukses terlaksana dengan membawa pulang banyak ilmu keradioan dari Sonora, Motion dan Smart FM.

(Syarifatul Adibah)

Comments