Event‎ > ‎RDK on Activity‎ > ‎

Keseruan Musyawarah Anggota VI RDK FM

diposting pada tanggal 13 Feb 2017 17.13 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui13 Feb 2017 17.17 ]
Anggota RDK FM  sedang menyaksikan Calon Station Manager memaparkan visi dan misi

Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK FM) melaksanakan  musyawarah anggota (musang) periode 2016-2017 di Sekretariat Meunasah Fatahilah pada Jumat (10/2) hingga Minggu (12/2). Musang dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri atas Dewan Pembina RDK (DEBAR), Dewan Kehormatan RDK (DKR), pengurus, calon pengurus, dan calon anggota muda. Kegiatan dilaksanakan dengan berbagai macam rangkaian acara, dimulai dari pembukaan oleh presidium sidang sementara, sidang pendahuluan, pemilihan dan penetapan presidium tetap, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), Garis Besar Deskripsi Kerja (GBDK), dan dilanjut dengan pemilhan Station Manager (SM) periode 2017-2018.

Musang merupakan kegiatan yang sangat berkesan bagi para calon anggota muda. Selama acara berlangsung terjadi banyak keseruan seperti perdebatan, argumentasi, peserta yang hampir terjatuh karena mengantuk, dan ketegangan ketika terjadi perbedaan pendapat antar peserta. Tak kalah menegangkan juga ketika hari terakhir musang yaitu pemilihan SM baru yang dimulai pukul 14.30 WIB. Calon SM 2017-2018 terdiri atas tiga kandidat dengan nomor urut pertama Raudahtusshifa, kedua Sulistyaningsih, dan ketiga Yama Nuraini. Ketiganya berasal dari divisi yang berbeda-beda. 

Sebelum dilakukannya pemilihan, para Calon SM melakukan pemaparan dan penjelasan visi misi, dilanjutkan dengan acara pertunjukan bakat annoucing skill, menjawab pertanyaan dari panelis yang merupakan DKR, tanya jawab dengan para audience, dan masing-masing Calon SM mengajukan pertanyaan untuk Calon SM lainnya.

Tiba dipenghujung acara, pemilihan Calon SM dilakukan melalui voting. Namun sebuah kejadian langka terjadi, hasil pemungutan suara antara Calon SM nomor urut satu dan tiga memiliki selisih tipis. Suara yang diperoleh Raudahtushiffa sebanyak 35 suara, Sulistyaningsih sebanyak 8 suara, dan Yama Nuraini sebanyak 36. Suara yang diperoleh kedua pihak, belum memenuhi tata tertib pemilihan, yaitu suara yang diperoleh harus 50%+1. Oleh karena itu, dilakukan pemilihan putaran kedua untuk nomor urut satu dan tiga. Hasil akhir dari putaran kedua menyatakan bahwa Raudhatusshifa terpilih sebagai SM dengan hasil sebanyak 41 suara, sedangkan Yama Nuraini memperoleh 38 suara. Dengan demikian, Raudahtusshifa, resmi menjadi Station Manager, Yama Nuraini sebagai Administration Manager, dan Sulistyaningsih sebagai Production Manager. Raudahtusshifa membuat sejarah pertama dari divisi Sekretaris yang menjadi Station Manager.

Station Manager 2016-2017, Ayudya Annisa mengatakan, pemilihan calon SM tahun lalu lebih menegangkan dibanding tahun ini. “Pemilihan Calon SM tahun lalu lebih tegang, karena DEBAR dan DKR yang tegas. Bedanya dengan tahun lalu, tidak ada annoucing skill,” ujar perempuan yang kerap disapa Ayu. Ia berpesan agar hal-hal buruk dalam musang tidak terulang lagi pada tahun depan.

Pendapat lain disampaikan anggota muda, Adnan Toyib. Menurutnya sebagai anggota muda, banyak manfaat yang bisa diambil dari musang. “Saya dapat mengetahui bagaimana program dan kinerja dalam satu periode kedepan yang harus dijalankan, menambah pengetahuan tentang AD, ART, dan GBDK dalam RDK FM meskipun harus kuat menahan rasa kantuk yang hebat” ungkap Adnan.

(Naila Fitri)

Comments