Event‎ > ‎RDK With Partner‎ > ‎

KARNAVAL MUHARRAM “SEMARAK AL-QUR’AN”

diposting pada tanggal 19 Okt 2016 09.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta


HIMPUNAN QARI DAN QARI’AH MAHASISWA (HIQMA) UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

 

 

Ciputat, 16 Oktober 2016

Dalam rangka memperingati MILAD HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang ke-28, Pengurus dan anggota HIQMA mengadakan beberapa rangkaian agenda antara lain : Karnaval Muharram, Khataman Akbar (Khatmil Qur’an) 28 kali, Tabligh Akbar, Seminar Nasional dan Malam Puncak. Untuk agenda pertama sebagai pembukaan rangkaian Milad HIQMA, sekaligus agenda baru panitia HIQMA  mengadakanKarnaval Muharram. Dimana, acara ini dilaksanakan pagi hari yang dimulai dengan jalan sehat dan telah dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni  Bapak Prof. Dr. Yusron Rozak, MA.

Dalam sambutannya Prof Yusron menyampaikan “sangat mengapresiasi kegiatan Semarak Al-Qur’an ini, karena selain menimba ilmu mahasiswa sebagai umat muslim juga sangat diajurkan untuk rajin membacaal-Qur’an dalam hal ini al-Qur’an sebagai “Hudal Lin- Nas” (petunjuk Manusia). Selain panitia, anggota dan alumni HIQMA acara ini juga di hadiri oleh beberapa instansi yang ada di Uin dan tamu undangan kurang lebih 200 peserta, mereka terdiri dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM,mahasiswa umum dari UIN, Ma’had UIN serta anak-anak TPA dari Yayasan Al- Matin dan dimeriahkan juga oleh Marching Band UIN dan UKM RIAK. 



            Karnaval kali ini selain sebagai rangkaian milad HIQMA, juga untuk memperingati tahun baru islam yaitu bulan Muharram. Adapun untuk rute karnaval  Muharram tahun ini, panitia HIQMA  memilih melewati jalan protokol atau jalan raya utama Ciputat, dimulai dari pintu keluar UIN, lanjut ke arah lampu merah Situ Gintung hingga puter balik lagi ke UIN. Panitia HIQMA juga sudah bekerja sama dan meminta bantuan  kepada pihak Kepolisian Sektor Ciputat dan Dinas Perhubungan Ciputat timur.Jalan santai ini berlangsung kurang lebih memakan waktu 1,5 jam , setelah jalan santai, dilanjutkan dengan pembagian Door Prize serta selingi Hiburan dari beberapa pihak antara lain persembahan 2 lagu dari UKM RIAK dan hiburan penampilan Gambus HIQMA.

Adapun untuk Door Prize, panitia menyediakan 20 Door Prize , yaitu berupa : Alat Tulis, Sembako, al-Qur’an, DVD Tafsir al-Qur’an + buku Jantung Qur’an serta 2 hadiah utama berupa Dispenser dan Kipas angin, dimana yang beruntung mendapatkan hadiah utama di acara Karnaval Muharram  HIQMA  tahun ini adalah dari Ma’had UIN ( Dispenser) dan siswa TPA dari Yayasan Al- Matin. “Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon baik dari berbagai kalangan baik dari pihak pejabat UIN, UKM UIN, Kapolsek Ciputat, DISHUB Ciputat, mahasiswa maupun Masyarakat luar sehingga untuk tahun ke depan InsyaAllah akan diadakan kembali dengan lebih meriah lagi”, tegas Kurnia Yuha Izvana, Ketua Umum HIQMA



Comments