News‎ > ‎Berita Internasional‎ > ‎

Jadi Miss Internasional 2017, Kevin Liliana tak Sekedar Cantik

diposting pada tanggal 19 Nov 2017 07.38 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Kevin Liliana Miss International 2017 (sumber detik.com)

Putra bangsa kembali menoreh prestasi mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Setelah melewati perjuangan dan proses karantina yang panjang, Putri Lingkungan 2017 Kevin Liliana berhasil membawa pulang mahkota Miss International 2017 untuk tanah air. Berlangsung di kota Tokyo Dome City Hall Tokyo, Jepang, ajang Miss International yang dinaungi oleh The International Culture Association menjadi salah satu ajang pencarian Ratu Sejagad tertua di dunia dan diikuti oleh 69 negara dari seluruh dunia.

“Saya tak pernah menyangka, ini seperti mimpi yang jadi kenyataan,” ujar perempuan asal Bandung, Kevin Liliana dilansir dari ABS CBN pada salah satu artikelnya. Tidak sekedar cantik, ternyata ada hal lain lain yang membuat Kevin Liliana berhasil memboyong mahkota Miss International 2017. Dilansir dari detik.com Senior Corporate Communication Mustika Ratu mengungkapkan kemenangan Kevin tak lepas dari kepribadiannya yang positif, yang berhasil merebut hati para juri. “Berdasarkan bocoran dari panitia, Kevin menang karena sifat baiknya, dia dikenal suka menolong dan sangat rendah hati,” ungkap Mega Angkasa. Perempuan 21 tahun ini mengenakan gaun rancangan desainer kawakan Indonesia Ivan Gunawan pada babak penjurian.

Finalis Duta Wisata kota Pekalongan 2016, Alfina Nur Fitriani mengungkapkan rasa bangganya kepada Kevil Liliana yang berhasil membawa pulang mahkota Miss Internatioal 2017 untuk Indonesia. Alfina berharap, semoga kemenangan yang didapatkan bisa membuat Indonesia lebih dihargai dan diperhitungkan oleh dunia internasional, serta dapat membuktikan bahwa mahkota Miss International 2017 tidak jatuh pada orang yang salah. Saat disinggung tentang definisi cantik mahasiswa Universitas Diponegoro ini mengungkapkan, cantik adalah bagaimana perempuan mampu menjadi apa adanya, dan bangga dengan diri sendiri. Dengan itu, menurut Alfina inner beauty akan memancar, dan bukan menampilkan kecantikan yang fana. Kecantikan juga harus ditunjang dengan kecerdasan dan attitude yang baik, papar Alfina. “Semoga perempuan Indonesia dapat lebih menghargai dirinya sendiri, tidak merendahkan martabat perempuan dengan aktivitas yang tidak berguna. Buktikan bahwa perempuan Indonesia mampu berprestasi dan ikut mengharumkan nama bangsa,” harap Alfina untuk perempuan Indonesia.

Tak berbeda dengan Alfina, finalis duta wisata kota Pekalongan 2015, Ikhsania Oktarana memiliki definisi kecantikannya juga, “Attitude itu pertama, karena definisi cantik secara fisik itu selera, ada A sampai Z untuk mendefinisikan kata cantik, sehingga cantik adalah attitude yang baik, dan cerdas, baru kecantikan fisik mengikuti,” papar mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang akrab disapa Tata.

Sedangkan, menurut Aditya Nugraha, cantik selalu identik dengan fisik, karena tidak dapat dipungkiri cantik selalu mengarah kepada keindahan fisik, “Tapi lambat laun kata cantik akan berubah menjadi sifat. Sifat yang cantik tentu didasarkan akhlak yang baik,” tukas Adit.

Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Nabila Dinda mengaku bangga dengan apa yang telah Kevin Liliana raih. Menurut Dinda, tentu bukan hal yang mudah bersaing dengan perempuan cantik dan cerdas perwakilan dari berbagai negara di dunia. “Semoga Kevin Liliana bisa menjadi gambaran perempuan Indonesia yang anggun, sopan santun dan cerdas dimata dunia,” tutur Dinda. Saat disinggung soal definisi cantik, tak berbeda dengan Alfina, Ikhsania dan Adit, bagi Dinda cantik adalah bagaimana seorang perempuan memiliki tindak tanduk yang baik, bersikap sopan, memiliki empati dan rasa peduli yang tertinggi. “Akhlak yang baik jelas menjadi definisi cantik yang sesungguhnya, disusul isi kepala alias wawasan yang luas, terakhir kecantikan fisik adalah bonus,” tutup Dinda. 

Syarifatul Adibah

Comments