News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Ada LKTI di Chemexpo 2017, Yuk Daftar!

diposting pada tanggal 26 Jul 2017 14.46 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta, akan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang merupakan rangkaian acara dari Chemistry Expo (Chemexpo) 2017. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 16 September mendatang dengan tema Green Chemistry for The Better Future.

Koordinator divisi acara, Antoni menjelaskan, LKTI chemexpo merupakan ajang kompetisi bagi siswa SMA sederajat dan mahasiswa dalam mempublikasikan hasil karya penelitian dibidang kimia. Anton mengatakan, LKTI memiliki sub tema yaitu peranan kimia dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan, energi terbarukan dan pemanfaatan tanaman konvensional dalam bidang kimia. “Tahap pertama peserta melakukan registrasi online dengan form yang disediakan, kemudian mengirim abstrak melalui email dan pada tahap ini tidak dikenakan biaya,” tutur Antoni. Antoni menambahkan, selanjutnya setelah abstrak yang dikirim dinyatakan lolos maka peserta masuk ke tahap seleski karya tulis ilmiah, dengan mengirimkan hasil karya serta bukti pembayaran. “Pada tahap seleksi karya tulis ilmiah dikenakan biaya bagi siswa SMA sebesar Rp 125.000,- pertim, sedangkan mahasiswa sebesar Rp 150.000,- per tim, tahap terakhir ialah persentasi 10 tim terbaik dimana persentasi disertai prototype jika ada,” tutup Antoni.

Mahasiswa FST, program studi kimia semester 3, Fitri Lestari mengatakan, dengan adanya lomba-lomba yang diadakan chemexpo seperti LKTI ini sangat bagus sesuai dengan temanya, karena pada saat ini lahan hijau sudah berkurang maka sangat baik dengan diadakannya LKTI dapat mendorong individu untuk bereksperimen dalam karya tulisnya mengenai penghijauan. Fitri mengaku tertarik dengan LKTI, pasalnya pada tahap pertama pengiriman abstrak tidak dipungut biaya. Selain itu, pengalaman yang didapat akan menambah kemampuan lebih baik lagi dalam membuat karya tulis ilmiah. “Semoga banyak yang ikut berpartisipasi dalam chemexpo, karena partisipasi sangat berpengaruh untuk kesuksesan acara dan juga semoga kegiatan ini menjadi ajang yang sangat baik dalam hal meningkatkan kreatifitas dan acara tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” harap Fitri.

Naila Fitri

Comments