News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Akankah Israel Mengalahkan Palestina?

diposting pada tanggal 28 Jun 2016 15.11 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Seluruh negara Arab di dunia ini pernah melakukan perang besar-besaran melawan Israel, namun bangsa Arab tidak pernah memenangkan peperangan secara meyakinkan. Bagaimana ketika Israel berperang dengan Palestina? Akankah Israel mengalahkan Palestina?

 

Mantan Reporter Islamic Republik Of Iran Broadcasting (IRIB) Otong Sulaeman mengungkapkan, akar dari konflik Israel dan Palestina adalah deklarasi Balfour dilanjutkan dengan berdirinya Israel raya, dengan cita-cita membuat sebuah kawasan yang dijanjikan the promise land yang membentang sungai Nil di Mesir sampai sungai Euprates di Iran dan mengaku milik Israel. “Sangat sulit bagi suatu negara untuk mengakui negara lain sebagai kawasannya,” lanjutnya.

 

Dosen hubungan internasional, fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta Robi Sugara M.SC berpendapat, Palestina merupakan negara yang sangat mempertahankan kedaulatanny. Ia menambahkan, sejarah peperangan dari zaman klasik sampai modern sangat sulit bagi suatu negara untuk merebut dan mengalahkan negara yang sangat mempertahankan tanahnya, sehingga sangat sulit bagi Israel untuk merebut tanah palestina.


(oleh : juliah)

Comments