News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Alasan Mahasiswa Tidak Naik Lift

diposting pada tanggal 25 Okt 2017 18.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui25 Okt 2017 18.01 ]
Potret mahasiswa di Fdikom yang menggunakan tangga

UIN Jakarta merupakan salah satu kampus yang berlokasi di wilayah ciputat, dan terbagi menjadi tiga lokasi yakni Ciputat, Legoso, dan Kertamukti. Mempunyai wilayah yang luas dan bangunan yang tinggi, merupakan identitas sebuah kampus dan identik dengan penggunaan lift. Sebuah gedung yang memiliki lift tentu saja mempunyai tangga untuk solusi ketika penggunaan lift sedang bermasalah, lalu apa saja alasan kenapa harus naik tangga, ketika ada lift di sebuah gedung tinggi?

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) jurusan Ilmu Hukum, Semester tujuh, Ksatria Imam Nugraha mengatakan, beberapa waktu yang lalu ketika Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) pindah gedung baru di wilayah Legoso, FSH sempat mengalami kendala pada pemakaian lift yang sering mati. Hal ini membuat mahasiswa harus menggunakan tangga untuk melakukan aktivitas akademik perkuliahan. Sebenarnya, menggunakan tangga memiliki manfaat lebih dibandingkan penggunaan lift. Satria mengaku pernah membaca artikel di sebuah applikasi online tentang benefit naik-turun tangga dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya jantung menjadi lebih sehat dan kuat, membakar kalori, dan membantu menyehatkan tulang dan otot, dan melatih fisik agar tidak mudah lemah saat melakukan aktivitas berat.

“Semoga kedepannya mahasiswa lebih sadar akan kesehataan diri, dan mau menggunakan tangga sebagai salah satu fasilitas kampus yang dapat menyehatkan tubuh kita”, ujar Satria.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), Jurusan Kesejahteraan Sosial, Semester tiga, Ade Jayanti Nasution mengaku memiliki pengalaman buruk tenteng lift. Dirinya pernah terjebak di dalam sebuah lift sebanyak dua kali, pertama di pusat perbelanjaan daerah Cinere, dan selanjutnya terjadi di kampus ketika lift tiba-tiba berenti kemudian mati.

“Hal tersebut membuat trauma jangka pendek pada penggunaan lift sehingga beralih dan memilih menggunakan tangga walaupun lebih lama dan melelahkan, tetapi memiliki manfaat dan keselamatan yang lebih baik,” ujar perempuan yang kerap disapa Iyong.

Dirinya juga mengatakan bahwa pola hidup zaman sekarang serba instant dan praktis, sehingga semua hal yang dilakukan ingin cepat dan mudah, tetapi tanpa memikirkan resiko yang ada. Penggunaan tangga merupakan hal yang tepat untuk pilihan mahasiswa, karena mahasiswa merupakan jiwa muda dan memiliki fisik yang kuat dan sehat.

(Naila Fitri) 

Comments