News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Asah Jiwa Berwirausaha Dema Fidkom Gelar WMD

diposting pada tanggal 2 Okt 2017 15.42 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Di era pasar bebas seperti saat ini, sudah saatnya masyarakat Indonesia berinovasi, bukan lagi berlomba menjadi pegawai terbaik, namun menjadi penyedia lapangan kerja paling inovatif. Melihat kebutuhan akan jiwa-jiwa wirausaha yang kreatif, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) menyelenggarakan Wirausaha Mahasiswa Dakwah (WMD) bagi mahasiswa aktif semester satu hingga tujuh. Program pendidikan kewirausahaan ini terdiri dari sosialisasi kewirausahaan, marketing challenge, training, business coaching, camprenuer, dan ditutup dengan award & pameran yang berlangsung selama dua bulan.

Mahasiswa Fdikom Jurusan Kesejahteraan Sosial semester tiga, yang juga salah satu peserta WMD Hikma Rizkia mengaku mendapat banyak manfaat dari program yang satu ini. Dalam dunia usaha menurut Hikma untung dan rugi adalah hal biasa, merugi seharusnya tidak menjadikan seseorang untuk terus merintis karir wirausahanya. Mengaku pernah mengalami pengalaman merugi saat mencoba berdagang, Hikma mengaku semakin termotivasi dan bersemangat berwirausaha setelah mengikuti WMD ini. Pada training beberapa hari yang lalu Hikma mengaku berbisnis sendiri ternyata lebih efektif dan mudah dilakukan ketimbang kolaborasi dengan teman, karena menyatukan dua pemikiran dan system akan menjadi PR lebih sulit dalam berwirausaha.

Mahasiswa Fdikom Jurusan Manajemen Dakwah (MD) semester satu Khoirotunnisa mengaku senang dengan adanya program seperti WMD. Mengaku ketinggalan informasi tentang WMD, perempuan yang akrab disapa nisa ini berharap dapat mengikuti WMD selanjutnya. Nisa yang sudah memiliki pengalaman berwirausaha saat SMA karna aktif dalam koperasi siswa memaparkan, jiwa enterpenuer sangat penting dimiliki khususnya mahasiswa. Tidak mudah menyerah, berani mencoba hal baru, terus menerus berinovasi, dan jeli melihat pasar adalah beberapa point penting yang harus dimiliki mahasiswa untuk terjun ke dunia wirausaha.

 Semoga program WMD dapat terus berkembang, dan bekerjasama dengan berbagai elemen di UIN Jakarta, sehingga benar-benar menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa yang memilki motivasi wirausaha yang tinggi,” tutup Nisa.

(Syarifatul Adibah)

Comments