News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Ayo Berwirausaha di Usia Muda!

diposting pada tanggal 7 Mei 2017 08.32 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui7 Mei 2017 10.49 ]
Mahasiswa saat berjualan di bazar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta

Ada banyak hal yang terjadi di dalam dunia bisnis layaknya kehidupan manusia. Manfaat terbesar dalam memulai bisnis adalah ketika dimulai dari usia yang muda. Berbagai contoh yang dapat dilihat dan dibuktikan seorang anak muda sukses di usia muda sebut saja Zuckenberg, pendiri facebook, atau andrew darwis pendiri kaskus. Bayangkan, kesuksesan mereka dan usia mereka yang masih muda. Namun sayangnya, statistik menunjukkan bahwa banyak orang diusia muda kurang percaya diri untuk merintis karir di dunia usaha. Mereka percaya bahwa mereka tidak cocok untuk menjadi pengusaha, mengawali bekerja dengan menjadi karyawan adalah langkah untuk mencari pengalaman. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapat dari berwirausaha di usia muda.

Head Manajer Uinpreneurs, Fikri Abet mengatakan, berwirausaha di usia muda dapat memberikan manfaat yang banyak sekali, salah satunya bisa menikmati hasilnya jika sukses. “Selain itu, berwirausaha di usia muda menawarkan lebih banyak waktu untuk menyerap pengetahuan, memperluas pemahaman yang baik sehingga mempunyai pengalaman memperbaiki diri dan pemahaman yang luas tentang berbisnis sehingga waktu diusia muda berharga dan ada manfaatnya,” tutur Fikri.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Ekonomi Syariah semester 2, Tri Doddy Setiawan mengungkapkan, dengan berbisnis di usia muda merupakan salah satu contoh yang dilakukan rasulullah, selain itu juga manfaatnya dapat berinteraksi dengan orang banyak dan punya soft skill. “Mahasiswa lulusan UIN Jakarta yang berwirausaha di usia muda dapat membentuk lapangan pekerjaan, jadi bukan sebagai pelamar saja,” tutup Doddy.

(Shari Ayu Saraswati)

Comments