News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Balamuda Penggemar Seni? Yuk gabung bersama POSTAR

diposting pada tanggal 6 Nov 2017 21.20 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Ada banyak cara melewati masa kuliah di kampus. Saat berkuliah adalah waktu yang tepat untuk menambah pertemanan dan pengalaman baru. Salah satu caranya ialah dengan ikut bergabung pada komunitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Lembaga Otonom (LO), Lembaga Semi Otonom (LSO), dan lain sebagainya. Untuk itu, Pojok Seni Tarbiyah (POSTAR), yang dinaungi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), tengah membuka rekrutmen untuk anggota baru. Terhitung sejak kemarin (6/11), hingga 5 Desember mendatang.

Anggota POSTAR, Dhea Vannisa Rizqia memaparkan mekanisme pendaftaran yaitu dimulai dari mendaftar di stand POSTAR di Lobi Utama FITK, mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara, setelah itu sesi training di kampus berupa materi dan training di luar kampus berupa evaluasi dan pengukuhan. “Pada dasarnya kita tidak memiliki standar khusus untuk diterima di POSTAR, yang kita cari adalah orang-orang yang mau belajar dan berproses dalam bidang seni dan organisasi,” tuturnya. Terkait persyaratan yang dibutuhkan, Dhea mengatakan hanya berupa membeli formulir pendaftaran seharga lima ribu rupiah, pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak dua lembar, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebanyak satu lembar, serta biaya pendaftaran yakni Rp. 105.000,00.

Lebih dari itu Dhea melanjutkan, POSTAR sendiri terdiri dari beberapa elemen seni yang bisa dipilih oleh mahasiswa FITK. “Terdapat paduan suara mahasiswa FITK, band, Lingkar Sastra Tarbiyah, Tarbiyah Marawis Club, Karawitan Jawa, Degung Sunda Tarbiyah dan Tari Tradisional,” terangnya. Ia menambahkan, tidak ada sistem pengkuotaan dalam rekrutmen ini. Sehingga siapa saja mahasiswa FITK yang ingin mendaftar, sangat diperkenankan. Trapo Kresendo, yakni nama yang diusung pada rekrutmen, akan melangsungkan training pada 11 hingga 17 Desember 2017. 

“Saya berharap agar anggota baru nantinya dapat lebih memajukan POSTAR, bisa menjadi generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya, dan bisa terus memajukan nama UIN Jakarta, khususnya FITK,” tutupnya.

Sementara itu, mahasiswi FITK, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Puput Helmi mengatakan POSTAR yang dikenal dengan kesenian bermusik memang sudah sering mengadakan kegiatan, seperti penampilan drama Nyonya dan Nyonya, kemudian penampilan paduan suara pada acara Senandung Dunia, dan masih banyak lainnya. “Menurut saya POSTAR bisa menjadi wadah yang tepat bagi penikmat seni dan musik,” ujarnya.

(Faizah Fitriah)

Comments