News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Balamuda! Yuk Menginspirasi dalam Kebaikan Bersama PGMI Berbagi

diposting pada tanggal 9 Okt 2017 13.07 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui9 Okt 2017 13.09 ]

“Fastabiqul Khairat, maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan” ayat ke-148 dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah itu tentunya sudah tidak asing lagi di telinga umat Islam. Selain sebagai motivasi bagi diri agar menjadi pribadi yang baik, ayat tersebut juga menginspirasi banyak orang dalam berbuat baik kepada sesama. Hal ini pula yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), yakni dengan menggagas gerakan PGMI Berbagi yang sudah berlangsung sejak Maret, Mei, Juli dan terakhir akan dilaksanakan pada 13 Oktober mendatang.

Koordinator Departemen Pengabdian Masyarakat, Faiz Nurhayanti mengatakan, gerakan PGMI Berbagi merupakan program kerja (proker) dari departemen ini yang mengajak seluruh mahasiswa, baik dari PGMI maupun di luar PGMI, untuk menyumbangkan mukena, sajadah, dan sandal bagi mushola-mushola yang terdapat di FITK. Nantinya sumbangan tersebut dijaga oleh pihak HMJ, yaitu dengan cara rutin mencucinya. Kendati proker ini baru diadakan di kepengurusan HMJ PGMI 2017, namun pelaksanaannya disambut baik oleh mahasiswa.

“Kegiatan ini dilaksanakan empat kali dalam satu tahun kepengurusan, yang terakhir nanti akan berlangsung pada Jumat (13/10) ini. Dalam pelaksanaannya, respons yang berdatangan dari mahasiswa pun sangat baik,” tutur Faiz.

Lebih dari itu, Faiz mengaku, proker ini digagas dengan tujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah Subhanahu wa Ta’alla, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, meningkatkan  kepekaan dan kepedulian sosial, serta peran aktif mahasiswa sebagai wujud mengabdi pada masyarakat. Kendati pelaksanaannya sudah dilangsungkan sejak awal kepengurusan HMJ 2017, dirinya tetap berharap agar proker ini dapat terus menginspirasi mahasiswa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. “Saya juga berharap agar proker ini bisa menjadi awal yang baik dan terus dilanjutkan pada kepengurusan HMJ di tahun-tahun berikutnya,” tutupnya.

Sementara itu, Nur Safitri, mahasiswi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya gerakan positif ini. Baginya proker ini mengajarkan bahwa berbuat baik tidaklah memandang dari jurusan atau fakultas mana ia berasal.

“Karena pada dasarnya, kebaikan itu sifatnya menular. Seperti yang ada di firman Allah surat Ar-Rahman ayat 60 yang artinya tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. Dari firman Allah inilah yang  membuat saya yakin bahwa kebaikan itu bersifat menular,” ungkapnya.

(Faizah Fitriah)

Comments