News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Banwaspak : PBAK Tahun ini Lebih Baik Dibanding Tahun Lalu

diposting pada tanggal 24 Agt 2016 09.58 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Badan Pengawas Opak (Banwaspak), merupakan suatu badan yang diselenggerakan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) khususnya UIN Jakarta, yang terdiri dari mahasiswa semester lima dari berbagai jurusan. Banwaspak berfungsi untuk mengawasi berjalannya Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) yang kini berganti nama menjadi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) agar berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan (24/8).


Anggota Banwaspak, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Manajemen Dakwah (MD), semester lima, Ahmad Ahsan menerangkan, tiap fakultas memiliki dua hingga tiga Banwaspak, yang berkoordinasi dengan Banwaspak pusat. “Pengawasan yang dilakukan ialah mengenai ketaatan peraturan seperti, dilarang merokok, membuli Mahasiswa Baru (MABA), dan tindakan lain yang dinilai tidak sopan” tuturnya. Ahmad menambahkan PBAK tahun ini dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya, karena Banwaspak belum melihat adanya pelanggaran.


Sependapat dengan Ahmad anggota Banwaspak fakultas, mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Manajemen Pendidikan, semester lima, Lukman berpendapat, PBAK tahun ini terlihat lebih baik dibanding sebelumnya, karena dari atribut saja tidak terlalu menyusahkan MABA, serta panitia saling berkoordinasi, dan lebih lembut. “Semoga koordinasi antar panitia bisa lebih ditingkatkan lagi mulai dari pihak fakultas, hingga universitas” harap Lukman.

(oleh : ria umala idayanti)

Comments