News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Bedah Buku Bersama HMK Jurnalistik

diposting pada tanggal 26 Okt 2016 09.42 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Konsentrasi (HMK) Jurnalistik, mengadakan bedah buku dan diskusi publik, kemarin. Acara merupakan bagian dari rangkaian Jurnalistik Fair 2016. Kegiatan ini berlangsung di ruang teater dua Aqib Suminto Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM). Seminar ini membedah buku Televisi Indonesia Dibawah Kapitalisme Global karya Ade Armando. Diskusi diikuti oleh 81 peserta, dan berlangsung sejak pukul delapan pagi. Acara yang berdurasi empat jam ini diisi oleh Ade Armando, serta pakar komunikasi Ignatius Hariyanto, juga dosen FDIKOM Edy.A Effendi.

 

Koordinator acara, Muhammad Nawawi mengatakan, tujuan acara ini agar mahasiswa lebih peka tentang dunia media terutama televisi, dan buku ini sudah menjelaskan pengaruh kapitalisme global terhadap dunia perfilman di Indonesia. Mahasiswa jurnalistik ini juga berharap, peserta bisa memilih mana yang ditonton ataupun yang dihindari.

 

Selaku pengisi acara, Ignatius Hariyanto beranggapan, buku ini penting untuk menampilkan sejarah dan wacana terkait dengan kemunculan industri televisi di Indonesia. Selain itu dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini juga mengatakan, pendekatan yang dipergunakan dalam buku ini adalah pendekatan kritis.

(oleh : salsabila)

Comments