News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Benarkah Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah?

diposting pada tanggal 7 Jun 2016 18.18 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Inilah kata yang didengar dari penyampaian para Da’i di bulan Ramadhan, bahkan hadist Nabi Sallallohu ‘Alaihi Wa Sallam pun berkata demikian. Namun, pernyataan tersebut membuat sebagian orang salah kaprah.  Sehingga mereka bermalas-malasan di bulan Ramadhan dan lebih memilih tidur dari pada mengerjakan amalan.

 

Pendiri Pondok Pesantren Tahfidzh Daarul Hikmah Ciputat, Ruslan Abdul Ghani Al-Hafidz S.Pd.I menjelaskan, tidurnya orang puasa adalah ibadah. Ketika itu, Rasul menyatakan hal ini karena sedang berbicara kepada orang yang malas beribadah, yang ditujukan agar orang malas ini, merasa termotivasi. “Tidurnya orang puasa saja ibadah apalagi jika mengerjakan amalan yang baik,” terang Ruslan.

 

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 2, Pudin menyatakan, sesuai dengan yang di pelajari dari dosen, pada hakikatnya puasa itu lebih baik diisi dengan perbuatan yang baik. “Kata ibadah untuk tidur, dikhususkan bagi orang-orang yang ketika bangun hanya berbuat dosa. Dari pada berbuat dosa, maka lebih baik tidur,” tegas Pudin.


(oleh : juliah)

Comments