News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Bentuk Legislator Muda yang Cerdas dan Berkompeten, Sema Adakan Training Legislatif

diposting pada tanggal 30 Mar 2017 05.10 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Dr. TB Ace Hasan Syadzily, M.Si sedang menyampaikan materi 
tentang tugas dan kedudukan lembaga legislatif, dalam sistem pemerintahan dan mahasiswa


Guna mengetahui fungsi dan kerja legislatif baik dijajaran mahasiswa maupun lingkup nasional yang lebih luas agar tidak mudah termakan isu-isu hoax, oleh karena itu Senat Mahasiswa (Sema) UIN Jakarta menyelenggarakan training legislatif di lantai satu aula madya sejak 08.30, Kamis (30/3). Tema yang diusung adalah “Membentuk Legislator Muda yang Cerdas dan Berkompeten. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UIN Jakarta saja, training ini juga diikuti oleh beberapa mahasiswa dari universitas lain. Training yang terbagi menjadi tiga sesi menghadirkan lima narasumber yaitu Dr. TB Ace Hasan Syadzily, M.Si., Eko Siswandanu, SE., Dhahana Putra, BC. IP., S.H., M.Si., Edi Hidayat, MA., dan Muhamad Isnur.

Anggota DPR RI Dr. TB Ace Hasan Syadzily, M.Si mengungkapkan,  penting bagi mahasiswa untuk tau apa saja tugas lembaga legislatif serta mewanti-wanti lembaga legislatif mahasiswa untuk bekerja dengan pendekatan, serta teori politik yang benar. “Tugas legislatif adalah memberikan pengawasan terhadap kinerja anggota eksekutif, melakukan tugas legislasi berupa rancangan Undang-Undang, dan membuat anggaran untuk berbagai kegiatan yang pro rakyat,” jelasnya. Mantan Presiden Mahasiswa IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 sampai 2000 ini juga berpesan, mahasiswa wajib memiliki sifat kritis sebagai modal membangun kritisisme saat terjun ke dunia politik nanti.

Ketua pelaksana training legislatif, Ahmad Syarif Hidayatullah mengatakan bahwa training ini dibuat untuk mahasiswa yang  masih belum tahu, bahkan apatis terhadap tugas serta fungsi dari lembaga legislatif seperti Sema. Syarif mengungkapkan kendala dalam training kali ini ada pada beberapa narasumber yang harus diwakilkan oleh staff terkait, mengingat kesibukan narasumber yang tak kalah penting.

“Saya berharap usai mengikuti training ini, mahasiswa dapat lebih aktif dan turut andil dalam memanage isu-isu yang berkembang baik dalam lingkungan mahasiswa hingga nasional. Selain itu, mahasiswa juga dapat aktif menyampaikan isu-isu tersebut ke Sema sehingga dapat diteruskan kepada pihak rektorat,” urai Ahmad.

(Syarifatul Adibah)

Comments