News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Beragam Cara Mahasiswa Isi Waktu Liburan

diposting pada tanggal 4 Jan 2017 07.48 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Mahasiswa biasanya disibukkan dengan aktivitas perkuliahan yang padat. Mulai dari pembelajaran di kelas hingga aktivitas organisasi. Tak heran, mahasiswa terkadang memiliki tingkat stress yang tinggi jika tidak adanya waktu liburan. Kadang sebagai mahasisa juga dibingungungkan untuk menentukan aktivitas untuk mengisi waktu liburan. Yap, tidak seperti pelajar SMA,SMP maupun SD, mahasiswa memiliki jangka waktu liburan yang cukup panjang, mencapai 2 bulan bahkan lebih.

Waktu liburan yang panjang ini, rasanya sayang sekali jika hanya untuk menonton tv ataupun sekedar tidur di kasur. Justru perlu aktivitas penghilang stress pengisi liburan agar liburan lebih menyenangkan juga bermanfaat. Beberapa aktivitas seperti berjualan online, menjadi freelancer ataupun bekerja di perusahaan seperti ojek online mungkin bisa jadi pilihan

Salah satu mahasiswa yang sedang mengisi waktu liburan, Erlangga Maulana mengungkapkan pada masa liburan seperti saat ini biasanya perusahaan besar mengadakan program internship atau magang bagi para mahasiswa, program ini biasanya salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. ”Selain menambah pengalaman, kalau mengikuti program ini juga dapat menambah relasi dan mendapatkan gaji walaupun gak seberapa,” tutur lelaki berkacamata ini.

Selain itu mahasiswa juga bisa mengisi liburan dengan menyalurkan hobbynya. Seperti Muhammad Zaky Muhtarom, ia menggeluti bidang fotografi. Menurut mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ini, saat sedang hunting ada beberapa tempat yang membuat terasa nyaman, seperti merasa beban pikiran dan stress hilang seketika. Zaky menambahkan, tidak hanya hunting biasa, hasil-hasil foto juga dapat dilombakan, baik di sebuah acara maupun di media social. ”Melakukan sesuatu yang dikerjakan atas passion itu sangat menyenangkan,” tutur mahasiswa yang baru-baru ini memenangkan lomba di Universitas Padjajaran (UNPAD) dan kontes foto Indonesiaku Kini II  di @mataindonesiaofficial.

 

(Oleh : Salsabila)

Comments