News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Berbagi Inspirasi Ala HMJ PGMI

diposting pada tanggal 2 Okt 2017 15.29 oleh Radio RDK UIN Jakarta
HMJ PGMI foto bersama usai mengadakan Kelas Inspirasi

Masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengukir momen-momen berkesan dan berharga, agar kelak dapat menjadi pengalaman manis nan inspiratif yang bisa dibagikan kepada anak cucu generasi mendatang. Salah satu kegiatan bermanfaat yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), yaitu dengan mengadakan kegiatan Kelas Inspirasi. Kegiatan ini merupakan program kerja (proker) milik Departemen Pengabdian Masyarakat, yang kepanitiaannya juga dibantu oleh mahasiswa PGMI semester satu. Kelas Inspirasi tahun ini diadakan di Madrasah Ibtidayah (MI) Al-Falah, Bukit Nusa Indah, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pada Sabtu (30/9) kemarin.

Ketua Pelaksana, Diyya Fathya Jannah mengaku pada pelaksanaan di tahun sebelumnya, proker ini dinamakan “PGMI Mengajar”, namun kemudian diubah menjadi “Kelas Inspirasi”. “Pengubahan nama tersebut karena kami merasa, penggunaan kata ‘mengajar’ sudah banyak dipakai. Sebut saja pada program Tarbiyah Mengajar, dan lain sebagainya,” cetus Diyya. Tak sampai disitu, perbedaan juga terdapat pada konsep yang diusung. Di tahun ini, terdapat penambahan rangkaian acara, yakni adanya sharing motivasi dengan tokoh inspiratif. “Tokoh inspiratif kali ini ada seorang Dokter dan Akuntan yang merupakan alumni STAN,” jelas Diyya.

Lebih jauh Diyya menjelaskan, rangkaian acara meliputi, pembukaan, sharing tokoh inspiratif, pemutaran vidio motivasi, pemberian materi oleh tim pengajar, kuis dan pembagian hadiah juga cinderamata, serta ditutup oleh pelepasan balon harapan. “Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi MI Al-Falah, guru-guru, serta 46 orang panitia Kelas Inspirasi, dan berlangsung dari 08.00 hingga 15.00 WIB. Pada pemberian materi, kita mengajarkan murid untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas,” ungkapnya. Dirinya menambahkan, kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin HMJ PGMI ini memang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa. Selain itu Kelas Inspirasi juga membuat perpustakaan mini yang buku-bukunya bersumber dari donasi mahasiswa. “Kami ingin agar minat membaca dari siswa-siswi di sekolah ini sudah tertanam sejak kecil. Kami juga berharap agar dengan terlaksananya kegiatan ini, panitia dapat memahami bagaimana dunia mengajar itu, serta siswa-siswi juga dapat termotivasi melalui kegiatan tersebut,” harap perempuan yang duduk di semester lima itu.

Sementara itu, mahasiswi FITK semester satu, Putri Nursalamah mengaku, dirinya yang memang menyukai interaksi dengan anak-anak sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan Kelas Inspirasi ini. “Tentunya kegiatan ini akan bermanfaat bagi calon guru, karena mampu memberi kita gambaran tentang bagaimana proses mengajar itu berlangsung dan juga bermanfaat bagi siswa dan siswi yang diajarkan,” ujarnya.

(Faizah Fitriah)

Comments