News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Berpuasa Sunnah di Kalangan Mahasiswa

diposting pada tanggal 21 Agt 2017 17.24 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Hidup sehat sambil menjalankan yang sunnah, tentunya bukan lagi menjadi hal baru di kalangan mahasiswa UIN Jakarta, yakni dalam hal ini yaitu berpuasa sunnah senin-kamis. Tak bisa dipungkiri, selain mendatangkan pahala, berpuasa juga mampu memberi kebaikan kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari alodokter.com, berpuasa mampu menyehatkan jantung, mengurangi risiko kanker, menjaga berat badan serta banyak lagi lainnya.

Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid UIN Jakarta, Cahyatun Nisa mengaku, dirinya tak pernah merasa bahwa berpuasa sunnah sebagai hal yang memberatkan. “Ungkapan yang menyebutkan jika berpuasa menurunkan daya konsentrasi justru tidak benar, sebab dengan berpuasa lebih fokus dan berkonsentrasi/terutama dalam mengerjakan amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’alla,” tutur Cahya.

Lebih dari itu, Cahya memaparkan bahwa di LDK Syahid sendiri memiliki agenda yang menargetkan anggotanya dalam melaksanakan ibadah tahajjud dan puasa sunnah senin-kamis. Bahkan, terdapat reminder khusus yang mengingatkan anggota guna menjalankan ibadah tersebut. Cahya berpesan kepada mahasiswa, agar jangan menjadikan berpuasa sunnah senin-kamis sebagai sesuatu yang menyulitkan, karena dengan ibadah tersebut justru dapat menjadi sarana untuk menjaga diri dari hal-hal yang kurang bermanfaat. ia menegaskan bahwasanya yang terpenting dari berpuasa sunnah adalah niat yang tulus karena Allah.

Sementara itu mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan Pendidikan Biologi semester 3, Ulfah Febriana Putri mengatakan, dirinya mulai membiasakan melakukan puasa sunnah sebab ia percaya bahwa berpuasa adalah salah satu cara menjaga pola makan yang baik. Ia yakin bahwa perasaan sulit saat menjalankan ibadah puasa hanyalah sugesti yang individu tersebut berikan kepada dirinya. Sehingga saat menjalankannya pun terasa sulit. “Dalam melaksanakan ibadah tersebut diiringi dengan niat yang ikhlas mengharap ridho dari Allah,” pesan Ulfah.

Faizah Fitriah

Comments