News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Bershalawat Kepada Nabi Isa as di Hari Natal

diposting pada tanggal 26 Des 2016 17.09 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Tepat pada  Minggu (25/12), umat Kristiani merayakan Hari Natal atau kelahiran Juru selamat Isa Almasih.  Dalam sejarah agama Islam, Isa Almasih adalah nabi Isa a.s yang diangkat ke atas langit oleh malaikat atas perintah Allah agar terhindar dari “Penyaliban” atau yang dipercayai oleh umat Kristiani sebagai Tuhan (Bapak) umat Nasrani.

Dosen sekaligus penceramah asal Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) Drs. Helmi Hidayat, MA berpendapat jika Hari Natal adalah hari Kelahiran Nabi Isa, maka dari itu sebaiknya kita banyak bershalawat kepada Nabi Isa di hari natal. “Surah Maryam ayat 19 berbunyi Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari Aku dilahirkan, pada hari Aku meninggal dan pada hari Aku dibangkitkan hidup kembali,” jelasnya.

Dari surah itu Helmi menegaskan, lebih baik bershalawat dan berdoa kepada Nabi Isa layaknya perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Helmi berharap semoga semua agama bisa saling menjaga silaturahmi dan toleransi umat beragama.

Senada dengan Dosen FDIKOM, mahasiswa Aditya Nugraha, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 7 mengatakan toleransi adalah kunci utama untuk menjaga perdamaian umat beragama di Indonesia. “Sebagai mahasiswa UIN Jakarta seharusnya kita bisa bersikap positif agar bisa menjadi cerminan untuk msyarakat. Daripada kita mengguncingkan hari perayaan agama lain, lebih baik saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” ungkapnya

 

(oleh: Mutia Regina Saura)

Comments