News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Bimbingan Teknis Berbahasa Arab Bersama Jurusan Muamalat

diposting pada tanggal 22 Mar 2016 09.11 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Mahasiswa saat Praktik Bahasa Arab bersama Jurusan Muamalat



Selasa (22/03) jurusan Muamalat, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Jakarta, mengadakan bimbingan teknis berbahasa Arab bersifat wajib untuk mahasiswa semester akhir. Acara ini digelar untuk mendukung program Fakultas, dalam mengembangkan skill yang ada pada mahasiswa dalam berbahasa Arab. Praktik Bahasa Arab selama 3 hari hingga Kamis (24/03) mendatang dan memasuki hari pertama, dihadiri lebih dari 200 peserta.

Dalam bimbingan bahasa Arab bersama jurusan Muamalat, membahas tuntas Isim dan Jama'. Praktek percakapan berbahasa Arab sesuai dengan pasangan menjadi lebih menarik dalam bimbingan ini. Tugas dari narasumber untuk membuat 5 pertanyaan seputar peercakapan yang ada, menjadi penutup bimbingan teknis berbahasa Arab.


"Fakultas syariah ada beberapa praktikum, salah satunya martikulasi bahasa Arab. Dimana martikulasi bahasa Arab merupakan salah satu prasyarat untuk bisa lulus dan mengikuti ujian komprehensif," ungkap Koordinator Bidang Syariah, Kosyim Arsyadani.

Kosyim menambahkan, pada program yang lalu terjadi peralihan kurikulum dan martikulasi bahasa Arab, sehingga pihak Fakultas mencari solusi agar  mahasiswa tidak merasa bahwa haknya dikurangi.

 

Penyaji bimbingan teknis berbahasa Arab, Abdul Rouf memaparkan, bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an dan bahasa komunikasi yang telah diakui sebagai bahasa dunia. "Semoga dengan adanya bimbingan ini, mahasiswa dapat memahami fahmul maqru atau pemahaman teks dalam bahasa Arab," harapnya.


"Acara ini merupakan acara bagus, karena merupakan praktek martikulasi. Selama ikut bimbingan ini saya mendapatkan ilmu tentang bahasa Arab dan bisa merasakan moment berkumpul 1 angkatan," ujar mahasiswa jurusan Perbankan Syariah, Siti Nur Asiah.



(oleh : juliah)




Comments