News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Cara Dosen dan Mahasiswa Maknai Hari Kesaktian Pancasila

diposting pada tanggal 2 Okt 2016 09.15 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Setiap tanggal 1 Oktober, diperingati sebagai hari  Kesaktian Pancasila. Hal ini membuat kita mengingat kembali, sejarah mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Momen ini juga terus diingat oleh setiap generasi dan menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk mahasiswa dan dosen UIN Jakarta. Lets take a look!

 

Dosen Pancasila, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) Lili Bariadi M.Si mengungkapkan, untuk menerapkan Pancasila perlu kesadaran dari setiap individu dan bisa ditunjukkan saat bermain atau berdiskusi, seperti nilai kebersamaan, kejujuran, toleransi dan gotong royong. Lili menjelaskan, cara menanamkan nilai-nilai kepada generasi muda harus dilakukan dengan praktik langsung.

 

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) semester 5 jurusan Hubungan Internasional, Daffa mengatakan, sebagai mahasiswa atau agent of change harus lebih peka dalam menerapkan nilai Pancasila ke kehidupan sehari-hari. “Agar bisa mengharumkan nama Indonesia di negara sendiri ataupun di luar sana,” ujarnya.


(oleh: mutia regina saura)

Comments