News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Cara Mahasiswa Mengatasi Homesick

diposting pada tanggal 22 Agt 2017 16.27 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Menjadi mahasiswa rantau yang jauh dari orangtua tentu tidaklah mudah. Kadang diliputi rasa rindu yang menyiksa batin. Rindu atau homesick merupakan proses perjalanan hidup yang harus dilawan dan ditempuh. Dengan melakukan kegiatan yang positif dan berkumpul dengan anak seperantauan atau sekampung, rindu yang dialami biasanya dapat terobati.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 3, Muhammad Isrok mengatakan, dirinya mengalami homesick hanya sesekali saja. Isrok menambahkan dirinya mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) agar tidak merasakan homesick, mengingat kota asalnya dari Palembang. “Harus belajar mandiri ketika jauh dari keluarga, meski jauh dari pantauan orangtua kita juga harus bisa memfilter kegiatan yang sekiranya negative,” ungkap Isrok.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) jurusan Hukum Keluarga semester 5, Kalisa Agustira menuturkan, lingkungan rumah dan teman yang menjadikan rindu akan rumah. “Untuk mengobati homesick, bisa dengan cara menghabiskan waktu liburannya bersama teman-teman,” ujar Kalisa. Kalisa berharap, agar mahasiswa yang mengalami homesick dapat melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Seli Nursolihat

Comments