News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Cari Kegiatan Tambahan? Jangan Bingung Ada Kampung UKM

diposting pada tanggal 25 Sep 2017 20.19 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Bagi sebagian mahasiswa aktivitas perkuliahan di dalam kelas saja tidak cukup, berbagai upaya dilakoni demi mengisi waktu sekaligus melatih softskill mahasiswa tentunya di bidang lain. Oleh karena itu, 15 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UIN Jakarta yang tergabung dalam Forum UKM  siap menghadirkan kampung UKM pada 26  sampai 28 September 2017. Tidak hanya menghadirkan stand seluruh UKM, kampung UKM 2017 yang mengangkat tajuk “UKM For Humanity” kali ini terdiri dari serangkaian  acara,  mulai dari pembukaan pawai UKM, berbagai perlombaan yang mewakili bidang yang digeluti,  sosialisasi, hingga konser amal dan doa bersama sebagai penutup. Kampung UKM yang telah menjadi hajatan rutin bagi kelompok UKM ini dapat dikunjungi selama tiga hari di lapangan parkir Student Center UIN Jakarta.

Penanggungjawab Kampung UKM 2017 Muhammad Abdul Baits mengungkapkan, berbeda dengan tahun sebelumnya kampung UKM kali ini akan diramaikan berbagai perlombaan pada hari kedua, yang dapat diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan UKM yang diminati. Mengusung tema “UKM for Humanity” laki-laki yang akrab disapa Dabuy ini mengaku tema ini diambil berdasarkan isu yang sedang hangat dibicarakan masyarakat dunia.

 “Makannya, di penutupan kampung UKM nanti akan ada konser amal dan do’a bersama untuk saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan,” ujarnya.

Merasa cukup mempromosikan UKM di UIN Jakarta dalam waktu tiga hari, perwakilan dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) Arkadia ini mengaku kesulitan dalam mempersiapkan kampung UKM ada pada birokrasi perizinan tempat, dan penyewaan tenda yang semoga dapat segera diatasi. Dabuy berharap kampung UKM dapat berjalan lancar, maksimal dan meriah serta dapat menarik mahasiswa untuk bergabung dalam UKM. “Semoga Forum UKM segera mendapat dukungan legalisasi dari akademik,” harap Dabuy menutup sesi wawancara.

 “Kampung UKM adalah inovasi yang bagus, bagi mahasiswa baru yang tertarik dengan UKM jadi punya wadah untuk banyak bertanya bahkan mendaftarkan diri ke UKM tertentu,” tanggap Rahmat Fatullah, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) semester satu. Rahmat mengaku akan hadir dan berpartisipasi dalam salah satu perlombaan pada kampong UKM. Melihat pentingnya mahasiswa memiliki kegiatan tambahan Rahmat menilai, mahasiswa yang juga aktif di luar kelas akan memiliki nilai plus tentang bagaimana bersikap, dan memilih penyelesaian saat dihadapkan suatu permasalahan.

(Syarifatul Adibah)

Comments