News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Delegasi Relawan Gerakan Ayo Mengajar

diposting pada tanggal 30 Jan 2018 17.33 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui31 Jan 2018 12.17 ]
            

           
Delegasi relawan gerakan Ayo Mengajar melakukan foto bersama
                                   Delegasi Relawan Gerakan Ayo Mengajar melakukan foto bersama


Gerakan "Ayo Mengajar" merupakan gerakan relawan untuk masyarakat pedalaman dengan tingkat pendidikan yang masih dibawah rata-rata. Mahasisiwa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) turut mengadakan gerakan ayo mengajar, pada 13 - 28 januari 2018, yang bertempat di kelurahan Cikarang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Untuk menlangsungkan kegiatan tersebut dikirim  65 delegasi relawan terpilih setelah melalui tahap tes wawancara, serta berdasarkan kemauan sendiri  untuk mengajar dan membantu masyarakat di desa.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Jurusan  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), semester lima, Rohadatul Ais memaparkan, kegiatan utama yang diadakan selama dua pekan yakni mengajar. Akan tetapi, diadakan juga kegiatan diniyah setelah pulang sekolah, yang mencakup pelajaran agama, fiqh, tauhid dan sebagainya. Untuk itu  relawan  menjalankan beberapa program kelompok seperti, kelas kreatif, senam, mengaji, dan lainnya. Rohadatul juga mengatakan, antusian warga sangat baik dengan kedatangan delegasi relawan, serta sekolah juga mempercayai relawan gerakan Ayo Mengajar untuk mengajar sepenuhnya.

“saya berharap semoga pemerintah melaksanakan janjnya untuk membangung desa-desa terpencil agar mendapatkan pendidikan yang baik,” ujar Rohadatul.

Mahasiswa FITK Jurusan PGMI, semester dua, Ade Irma Febriyanti mengatakan, gerakan ayo mengajar merupakan kegiatan positif dan sangat bemanfaat,  karena kegiatan ini menjadi modal dasar mahasiswa FITK sebelum menjadi guru. Irma berharap, semoga gerakan ayo mengajar bisa selalu berlanjut dan dapat berkontribusi langsung dengan masyarakat , terutama membangun pendidikan di indonesia.

(Thalita Zada Affandi)

Comments