News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema FAH Lakukan Oprec Panitia Pekan Budaya

diposting pada tanggal 5 Feb 2017 07.10 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) telah resmi membuka open recruitment (oprec) untuk kepanitiaan acara Pekan Budaya yang akan diselenggarakan Mei mendatang. Oprec kepanitiaan ini dibuka mulai 2-28 Februari.

Menurut wakil ketua Dema FAH periode 2017 Usamah Balfaqih, oprec kepanitiaan ini memang sengaja ditujukan bagi mahasiswa FAH agar turut terlibat di dalam rangkaian kegiatan fakultas. Meskipun, nantinya tidak semua yang mendaftar akan dipilih menjadi panitia karena pada satu Maret akan dilakukan penyaringan anggota yang memang memiliki kredibilitas tinggi untuk bisa bergabung dalam kepanitiaan acara Pekan Budaya ini. “Penyaringan ini ditujukan guna meminimalisir panitia yang tidak berkontribusi dan hanya sekadar menumpang nama saja,” tegas Usamah.

Usamah memaparkan bahwasanya Pekan Budaya merupakan salah satu champion program yang dimiliki Dema FAH. Nantinya, dalam acara ini akan ada Budaya Arab dan Budaya Indonesia, yang mana budaya-budaya tersebut mewakili kelima jurusan yang terdapat di FAH. Meskipun pada periode sebelumnya acara ini sudah pernah ada dan dilaksanakan selama tiga hari, namun Usamah meyakini bahwa pada periode sekarang sebagian besar konsep acara telah mengalami pembaharuan dan akan dilangsungkan selama lima hari.

Meski saat ini merupakan musim liburan semester, Usamah menyatakan bahwa para anggota dema FAH tetap melangsungkan rapat secara online yakni rapat via group chat di aplikasi messenger. Menurut Usamah, persiapan  untuk acara Pekan Budaya sejauh ini sudah sekitar 30 persen. Selain itu, Ia juga percaya bahwa Dema FAH periode baru ini dapat mempererat keakraban, terlebih lagi dengan adanya kegiatan mingguan yakni kajian bersama setiap malam jumat, baik untuk anggota Dema maupun mahasiswa FAH. “Saya berharap agar anggota Dema juga para mahasiswa FAH dapat membawa nama baik FAH hingga kancah Asia,”  ungkap Usamah.

Sisi lain, mahasiswi FAH jurusan Sastra Inggris, Amelia menuturkan bahwa ia sangat mengapresiasi Dema FAH dengan diadakannya acara Pekan Budaya, karena dengan adanya acara ini dapat menggambarkan identitas FAH sebagai fakultas budaya. “Saya percaya bahwa kegiatan tersebut mampu menarik antusiasme mahasiswa FAH karena pagelaran budaya yang akan disuguhkan bukan hanya budaya lokal saja tetapi juga Internasional,” tutur mahasiswi yang mempunyai nama panggilan Ameng.

Menurutnya, dengan dibukanya oprec kepanitiaan untuk mahasiswa FAH ini dapat menghapus persepsi mahasiswa yang beranggapan bahwa Dema FAH pilih kasih dalam memilih anggota panitia di tiap acaranya. Tak hanya itu saja, Amelia juga berharap agar Dema FAH dapat terus menyajikan acara-acara yang lebih fresh agar para mahasiswa FAH tidak bosan.

(Faizah Fitriah)

Comments