News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema FITK Buka Kepanitiaan Tarbiyah Expo

diposting pada tanggal 28 Mar 2017 07.25 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebentar lagi akan menginjak usia ke-60. Terkait hal itu, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FITK akan mengadakan Tarbiyah Expo yang merupakan kegiatan wajib di tiap periode kepengurusan Dema FITK. Tahun ini, open recruitment  (oprec) kepanitiaan Tarbiyah Expo dibuka mulai Senin (27/3) hingga Jumat (31/3).

Ketua Dema FITK, Adi Raharjo memaparkan, terdapat dua faktor yang melatarbelakangi diadakannya oprec kepanitiaan untuk mahasiswa. “Jumlah anggota Dema FITK yang hanya 67 orang akan kesulitan jika meng-handle keseluruhan acara. Selain itu, kami menginginkan agar mahasiswa dapat berkontribusi lebih untuk FITK,” jelasnya. Adi menambahkan, tidak ada kriteria khusus dalam kepanitiaan ini karena yang dibutuhkan adalah komitmen untuk bertahan dalam kepanitiaan hingga selesai acara. Nantinya, akan dilakukan proses wawancara setelah pendaftaran ditutup dan jumlah panitia yang dipilih akan diambil sesuai kebutuhan.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa Tarbiyah Expo sendiri nantinya akan dibuka dengan parade di UIN Jakarta. Sementara untuk rangkaian kegiatan, terdapat lomba akademis, non-akademis, dan agamis. Menyinggung persiapan, Adi mengaku bahwa sudah dilakukan sejak dua minggu yang lalu dan saat ini tingkat persiapan sudah sekitar 50 persen. Tarbiyah Expo yang merupakan icon dari FITK  memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya yaitu target peserta berasal dari luar UIN Jakarta. Selain itu juga akan ada perlombaan yang melibatkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia. Adi berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat menjalin silaturahmi dengan mahasiswa baik dari FITK maupun UIN seluruhnya.

Respons positif datang dari mahasiswi semester empat Jurusan Pendidikan Biologi bernama Afifatul Azkiyah. Dirinya beranggapan bahwa dengan dilibatkannya mahasiswa pada acara ini, dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam hal keorganisasian. “Saya berharap agar Dema FITK dapat mengemas setiap kegiatan dengan menarik serta membuat ide-ide yang fresh agar mahasiswa tidak merasa jenuh,” saran perempuan berkacamata tersebut.

(Faizah Fitriah)

Comments