News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema FKIK Adakan Aksi Nyata Pengabdian Masyarakat

diposting pada tanggal 30 Jul 2017 06.14 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Kegiatan sosial merupakan salah satu bentuk kepedulian seseorang atau sekelompok terhadap individu atau kelompok lain. Kepedulian tersebut bisa berupa sandang, pangan, papan, maupun kesehatan atau fisik. Oleh karna itu, departemen pengabdian masyarakat, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Farmasi menyelenggarakan suatu kegiatan sosial. Kegiatan yang diberi nama FKIK Mengabdi tersebut diselenggarakan di RW 5 Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, pada 28 hingga 30 Juli. Rangkaian kegiatan sosial tersebut yaitu kerja bakti, pendidikan dan latihan (Diklat), senam ceria bersama warga sekitar, cek kesehatan bagi seluruh warga dan pengobatan gratis.

Koordinator acara, Gema mengatakan, acara sosial ini bertujuan untuk menambah pengalaman selama mengikuti kegiatan, menumbuhkan jiwa sosial agar saling membantu satu sama lain, menumbuhkan jiwa kreativitas. “Banyak yang tidak menyadari bahwa dengan mengikuti kegiatan sosial dapat memberikan dampak besar, baik bagi yang diberi maupun yang memberi,” ungkap Gema. Gema berharap, kegiatan sosial tersebut bisa dijalankan rutin dan terus menerus di kepengurusan selanjutnya, agar terus memberikan dampak positif dan bermanfaat dengan ilmu yang didapat selama berkuliah.

Hubungan Masyarakat (Humas) acara, Anis Fitriani mengungkapkan, alasan mengapa memilih desa tersebut karena kondisi geografis berada di pinggiran Kabupaten Bogor, banyak hal yang tidak tersentuh oleh pemerintah pusat daerah seperti minimnya lapangan pekerjaan dan mata pencaharian. Anis menambahkan, kebanyakan mata pencaharian warga di desa Babakan ialah bertani. “Tanaman yang ditanam oleh para petani disini hanyalah tanaman yang bernilai sangat rendah seperti singkong dan ubi-ubian, keadaan demikian tentu tidak akan membangkitkan tingkat perekonomian warga di desa tersebut yang berdampak ke bidang lain seperti kesejahteraan sosial rendah, pendidikan dan kesehatan yang minim,” papar Anis. Anis mengatakan, dengan adanya kegiatan sosial FKIK Mengabdi ini, dapat menunjukan kontribusi sebagai mahasiswa yaitu mengabdi kepada masyarakat adalah aksi yang nyata yang dilakukan.

Shari Ayu Saraswati

Comments