News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema FKIK Selenggarakan Oprec Kementerian Kastrad

diposting pada tanggal 24 Jan 2018 13.48 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) membuka pendaftaran untuk menjadi Menteri Kajian Isu dan Strategi (Kastrad). Pendaftaran yang dibuka bersamaan dengan open recruitment (oprec)  Staf Ahli Dema FKIK ini berlangsung mulai dari 22 Januari sampai 8 Februari 2018. Untuk tahapan seleksi pun tak jauh berbeda dengan oprec Staff Ahli Dema FKIK, di mana diawali dengan pendaftaran online, selanjutnya dilakukan sesi wawancara dan pengumuman kelulusan.

Ketua Dema FKIK,  Jumia Asamsa Andawa menjelaskan, oprec tahun ini memiliki perubahan nama, yang mana pada tahun lalu bernama Kepala Departemen  dan sekarang berubah menjadi Menteri. “Kalau di tatanan pemerintah itu, kepala kementeriannya disebut menteri dan bawahannya disebut staff, sama seperti tatanan Dema FKIK yang sekarang,” ujarnya.

Sekretaris I, Dema-F, Dilla Rostanti memaparkan, menteri di sini disebut kepala departemen, yang berfungsi bertanggung jawab atas Kementerian Kastrad ini. Untuk kastrad sendiri tugasnya meliputi pemantauan, pencerdasan dan penyikapan isu-isu yang berkembang di lingkungan kampus. “Namun penyikapan isu di sini lebih menitikberatkankan kepada isu kesehatan. Jadi bisa dibilang tugas menteri disini untuk mengkaji isu-isu tentang kesehatan yang sedang berkembang, seperti kawasan tanpa rokok yang ada di FKIK sendiri,” tuturnya. Dilla juga menambahkan, untuk persyaratan sendiri sama dengan oprec Staff Ahli Dema-F, seperti mengisi formulir pendaftaran online, lulus dalam rangkaian kaderisasi yang dibuktikan dengan adanya bukti sertifikat Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK). “Hanya saja untuk menteri sendiri pendaftaran hanya diutamakan kepada mahasiswa semester lima. Namun jika tidak ada, maka dialihkan ke mahasiswa semester tiga,” pungkasnya.

(Anggara Purissta Putra)

Comments