News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema FST dan Keputrian Komda FST Adakan Kajian

diposting pada tanggal 17 Sep 2017 04.09 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam. Dengan merujuk kepada hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw tersebut sebagaian ulama ada yang mengartikan bahwa hijrah adalah keluar dari “darul kufur” menuju “darul Islam” Keluar dari kekufuran menuju keimanan. mengenai hal tersebut, Keputrian Komisariat Dakwah (komda) Fakultas Sains dan teknologi (FST) Mengadakan kajian keputrian, yang bertemakan "Motivasiku Untuk Hijrah” dengan pemateri Annisa Dwi Yulia, alumni keputrian Komda FST. Acara yang diperuntukan oleh seluruh mahasiswi (FST) tersebut, di adakan pada Jumat (15/9) lalu di mushola (FST) lantai lima.

Narasumber pada kajian tersebut, Annisa Dwi Yulia mengatakan, “Seseorang dikatakan hijrah jika telah memenuhi 2 syarat, yang pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada sesuatu yang dituju (tujuan). Kedua-duanya harus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah. Meninggalkan segala hal yang buruk, negatif, maksiat, kondisi yang tidak kondisif, menuju keadaan yang lebih yang lebih baik, positif dan kondisi yang kondusif untuk menegakkan ajaran Islam.” Annisa memaparkan lebih lanjut bahwa hijrah sebagai salah satu prinsip hidup, harus senantiasa dimaknai dengan benar dan dengan niat yang benar yaitu karena Allah.

Perintah berhijrah terdapat dalam beberpa ayat Al-Qur’an, antara lain: Qs. Al-Baqarah 2:218). “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.  Annisa yang sempat merasakan hijrah berharap dengan kajian tersebut bisa selalu memberikan motivasi kepada mahasiswi untuk selalu berbenah diri, menjadi manusia yang  lebih baik dan mulia dihadapan Allah.

Mahasiswi (FST) semester tiga, Alya Elsiana mengungkapkan, selama ini niat dan motivasi untuk hijrah, masih keliru. Dengan adanya kajian keputrian yang mengisi waktu menunggu jam kuliah, bermanfaat sekali dan membuka mata bahwa motivasi hijrah hanya untuk Allah dan mengahap ridha Allah SWT.

(Shari Ayu)

Comments