News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema UIN Jakarta Siap Gelar PBAK

diposting pada tanggal 9 Agt 2017 15.30 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Dema UIN Jakarta sedang melakukan rapat koordinasi bersama Rektor

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Jakarta siap melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Rapat koordinasi bersama rektor Prof. Dr. dede rosyada, M.A., sudah dilaksanakan pada Rabu (9/8) di gedung rektorat. Rapat koordinasi ini membahas tentang kesiapan Dema dalam pelaksanaan PBAK.

Ketua Dema Riyan Hidayat mengatakan, koordinasi yang dilakukan bersama rektor berupa laporan penting dalam kegiatan PBAK 2017. Untuk keseluruhan acara sudah disetujui rektor karena kegiatannya tidak jauh berbeda, hanya saja ada sedikit perubahan dalam pembagian waktu universitas dan fakultas. “PBAK tahun ini mengusung tema Mentransformasikan Nilai-nilai Keislaman dan Keindonesiaan yang Inklusif dan Berkarakter” agar mahasiswa bisa mengimplementasikan nilai-nilai pembangunan mental,” tutur Riyan. Riyan mengungkapkan PBAK atau yang sering disebut masyarakat ospek merupakan tempat perpeloncoan antara senior dan junior, tetapi di UIN Jakarta tidak ada hal-hal tersebut.

Tujuan awal diadakannya PBAK yaitu untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru (Maba) tentang kemahasiswaan atau organisasi yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa UKM. Riyan juga mengungkapkan, hari pertama PBAK untuk gladiresik upacara, hari kedua dilakukan upacara pembukaan PBAK dan PBAK univertsitas yang dibagi menjadi tiga gelombang. PBAK universitas akan dilakukan di Auditorium Harus Nasution dan dilaksanakan selama dua hari secara bergiliran, mengingat tempat yang kurang cukup jika menampung semua maba dari seluruh fakultas. “Maba UIN Jakarta dapat menjadi sorotan nasional yang dapat menunjukan integrasi pemikiran keislaman dan keindonesiaan dan memiliki pola pikir yang lebih terbuka, saling memahami, menghormati dan menghargai,” harap Riyan. Riyan menambahkan, seluruh panitia yang terlibat dapat membuat acara sukses dengan sebaik mungkin dan saling membantu satu sama lain. Dirinya juga berharap untuk maba, semoga bisa berproses lebih baik di UIN Jakarta melalui aktif berorganisasi maupun kajian.

Ketua pelaksana PBAK universitas, Muhammad Wahiddin mengatakan, Dema sudah melakukan persiapan perlengkapan, sedangkan dalam konsep semuanya sudah tersusun. “Pada minggu ini sudah dibuka stand pendaftaran PBAK yang terletak di perpustakaan lama, awalnya stand tersebut terletak di depan gedung akademik, karena jumlah maba yang banyak, maka tempat tersebut tidak kondusif dipindahkan sementara ke aula Student Center (SC), lalu untuk tempat pastinya kini terletak di perpustakaan lama,” papar Wahiddin.

Selain itu, Dema juga mulai menyiapkan teknis dan barang yang akan diperlukan pada PBAK. wahid juga mengatakan, kesiapan Dema dalam menyambut PBAK sebesar 85%, sisanya akan dibahas pada rapat akbar, Kamis (10/8). Wahiddin berharap, semoga acara berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat untuk maba dimasa mendatang.

Naila Fitri

Comments