News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Dema Universitas Berikan Peluang Wirausaha Bagi Mahasiswa UIN Jakarta

diposting pada tanggal 13 Mar 2017 18.15 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui14 Mar 2017 10.58 ]

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas membuka peluang berwirausaha bagi mahasiswa semester dua hingga semester delapan. Pada program ini, mahasiswa yang berminat menggeluti dunia wirausaha akan diberi pembekalan terkait bagaimana cara berwirausaha. Dema Universitas sebagai fasilitator, telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat sejak Senin (13/3).

Ketua bidang Advokasi dan HAM, Aulia Ramadhan mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ini adalah agar kelak saat mahasiswa lulus nanti, yang didapat bukan hanya ijazah melainkan juga soft skill. PMW ini akan membantu mahasiswa dalam membina jaringan dengan pihak luar. “Tak hanya itu, kerjasama juga dijalin dengan organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas dan jurusan, salah satunya kerjasama dengan Dema Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom),” tutur lelaki yang kerap disapa Pono.

Sempat terjadi missed communication yang menyebabkan jadwal PMW ini tidak sesuai rundown. Pasalnya, sosialisasi ke tiap fakultas guna memberi gambaran PMW belum dilaksanakan, namun pendaftaraan untuk mengikuti kegiatan tersebut justru sudah dibuka. Selain itu, ketua Dema Universitas sendiri belum mengesahkan e-poster yang sudah tersebar di laman media sosial UIN Berwirausaha. Kendati demikian, Pono tetap yakin bahwa kesalahan tersebut tidak akan mempengaruhi berjalannya program. Ia berharap dengan adanya program berwirausaha ini, lulusan UIN Jakarta nantinya dapat membentuk lapangan pekerjaan baru, bukan sebagai pelamar.

Terkait permasalahan sosialisasi yang belum dilakukan, membuat mahasiswi Fakultas Ushuluddin jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (Iqtaf) semester empat bernama Syaroh menuturkan ketidaktahuannya. Namun, Syaroh memberikan apresiasinya terhadap PMW yang membantu mahasiswa agar bisa lebih berkembang dalam dunia wirausaha. “Saya rasa pogram ini akan sangat berguna, meskipun saya baru mengetahui program ini di semester dua,” katanya.

(Faizah Fitriah)

Comments