News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Diet Kamu Sudah Benar Belum?

diposting pada tanggal 10 Jan 2017 16.51 oleh Radio RDK UIN Jakarta
credit: google

Kata diet sudah terdengar akrab di telinga semua orang. Tak hanya perempuan yang menjejali program diet, banyak pula laki-laki yang mengikuti tren ini. Namun, masih banyak pula yang menggandrungi cemilan tanpa memperhatikan nutrisinya. Padahal, tubuh seseorang membutuhkan karbohidrat, nutrisi, protein, dan mineral.

Nutrisi yang dikenal tubuh yaitu makronutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiganya bersifat Insulinogenic atau Glucose Convertion. Maksudnya, makronutrisi yang terserap ke dalam tubuh akan terkonversi menjadi glukosa atau gula dalam darah. Semua jenis makanan yang dimakan, berapa punjumlahnya, akan berubah menjadi gula darah. Maka perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan diet, gula darah juga harus diperhatikan.

Gula darah yang berlebih itu lah akan berubah menjadi cadangan lemak. Cadangan lemak nantinya ditempatkan di perut, bokong, pinggang, paha, dan lainnya yang membuat tubuh seseorang gemuk dan terjangit diabetes. Maka bisa dipastikan, hati, jantung dan pancreas akan menjadi tempat selanjutnya cadangan lemak, jika semua organ tubuh sudah ditutupi lemak.

Seorang Diet Director, Ndika Mahrendra pernah mengalami diabetes karena gula darah yang berlebih. Ndika menjalani program Diet dengan menghitung jumlah karbohidrat pada setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi nya, dan meminimalisir jumlah pengkonsumsiannya. Menyesuaikan dengan jumlah kadar gula darah yang diperlukan tubuh. Untuk itu, yuk perhatikan lagi apakah program diet yang kamu jalankan sudah baik dan benar?


(oleh: Nida Muharram Kumala Sari)
Comments