News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Diskusi Fotografi Kalacitra

diposting pada tanggal 30 Okt 2016 21.14 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Ilmu tentang foto jurnalistik memang tidak didapatkan semua orang, namun dengan media komunikasi setiap orang berkesempatan untuk menjadi Citizen Journalism. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Mahasiswa Fotografi Kalacitra, menggelar diskusi foto jurnalistik dengan pengisi acara Ditta Alangkara  dan Beawiharta. Bertempat di Aula Student Center pukul setengah dua hingga lima sore sabtu kemarin.

Pengisi acara, Ditta Alangkara memaparkan, di era digital saat ini masyarakat memiliki kesempatan besar sebagai Citizen Journalism.  Seringkali berita yang muncul dan menjadi viral justru berita yang datang dari masyarakat umum bukan dari reporter. Kemudahan mengirimkan foto yang menggambarkan kejadian menjadi salah satu penyebabnya.  “Jika ingin menjadi seorang fotografer jurnalis profesional, bawalah satu kamera dan satu lensa supaya terlatih dan terampil mengambil angle yang tepat. Kedua, pelajari seluk beluk kamera milikmu sendiri. ketiga, seringlah berlatih”, ulasnya.

Pengisi acara kedua, Beawiharta menjelaskan, memotret adalah bagian terakhir dari fotografi. Sebelumnya pahami teknik-teknik fotografi dan sikap sebagai fotografer. Ia memberi saran kepada mahasiswa yang ingin belajar fotografi, belajarlah dengan sungguh-sungguh karena kita tidak tahu hari esok, kita akan menjadi siapa.

(Oleh: Siti Fatimah)

Comments