News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Diskusi Pengaruh Film Hollywood Terhadap Ruang Film Lokal Bersama FORMASI KPI

diposting pada tanggal 14 Sep 2017 16.04 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Hollywood merupakan sebuah kawasan wilayah di bagian Los Angeles, California, Amerika serikat. Hollywood kini dikenal sebagai industri tempat produksi film-film terbaik dan ternama di dunia. Lebih mencengangkan lagi, kini film Hollywood selalu menguasai pasar industri perfilman di berbagai negara. Prihatin dengan kondisi ini, maka Departement Penelitian dan Pengembangan (Litbang) HMJ Komunikasi Penyiaran Islam menggelar diskusi mingguan bersama Forum Mahasiswa Komunikasi (FORMASI) yang diadakan di lobby Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) pada Kamis (14/9) pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini mengusung tema “Pengaruh Film Hollywood Terhadap Ruang Film Lokal”.

Ketua Pelaksana, Muhammad Tsani Irsyadi mengatakan, tujuan diadakannya diskusi dengan tema tersebut ialah karena dirinya melihat perkembangan film Hollywood yang sangat berpengaruh kepada film lokal. Selain itu, sekaligus melihat seberapa besar persentasi jumlah peminat, apakah dari sebagian mahasiswa lebih gemar menonton film Hollywood atau film lokal. Tsani menambahkan, diskusi mingguan ini rutin dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan dimulai adanya taman literasi mahasiswa untuk membaca buku yang disediakan.

Tsani mengungkapkan diskusi ini diisi oleh Forum Bedah Cinema (FBC) yang anggotanya adalah mahasiswa KPI angkatan 2014. “Semoga dengan diselenggarakannya acara diskusi ini dapat mewadahi dan mengembangkan pemikiran, ide, dan gagasan, serta mengajak mahasiswa untuk mencari kesibukan dengan ikut diskusi yang diadakan oleh HMJ KPI,” tutur Tsani.

Peserta diskusi, Farhan Faishal mengungkapkan diskusi ini sangat bermanfaat dan dapat membantu menambah pemikiran tentang apa saja pengaruh yang didapat film lokal karena film Hollywood. Dirinya berharap agar semakin banyak mahasiswa yang ikut bergabung dengan diskusi yang diadakan oleh HMJ KPI ini.

(Seli Nursolihat)

Comments