News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Fakultas Ushuludin Adakan Studium General

diposting pada tanggal 26 Apr 2017 12.11 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Dr. Yusuf Rahman saat menyampaikan materi di studium general

Fakultas Ushuludin (FU) UIN Jakarta, Rabu (26/4)  mengadakan studium general untuk seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dan mahasiswa  FU pada pukul 09.00 hingga 13.00 WIB di teater lantai empat FU. Acara yang bertemakan “Pengaruh Pemikiran Sarjana Barat dan Timur Terhadap Kajian Al-Qur’an di Indonesia”, menghadirkan narasumber Dosen Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Hamdani Anwar, MA, dan Dr. Yusuf Rahman, MA.

Hamdani Anwar dalam studium general menyampaikan, Al-Qur’an adalah wahyu ilahi berbahasa Arab yang memang perlu dipikirkan dan dianalisis arti dan kandungannya, karena setiap kata pada suatu ayat maknanya bisa jadi berbeda dari kata yang sama diayat lain.

“Misalnya pada kata yad dan wajh, yad artinya tangan dan kekuasaan pada Surat Al-Fath ayat 10, sedangkan pada ayat lain diartikan sebagai tangan. Kata wajh memiliki arti wajah dan dzat pada Surat Al-Baqarah ayat 115, dan pada ayat lain artinya wajah,” terangnya.

Hamdani juga menyampaikan, orang Arab sudah mengetahui tentang Allah sebelum masa pra Islam. Pada masa pra Islam, Allah sebagai pencipta dikaitkan dengan alihah atau yang dimaksud dengan kesetaraan lebih tinggi. Ia menambahkan, metode untuk memahami Al-Qur’an adalah melalui kajian semantik, yaitu berupa pemahaman dan ditemukannya munasabah dengan ayat sebelum dan sesudahnya yang akan membantu pemahaman makna.

Mahasiswa FU Jurusan Ilmu Tasawuf semester dua, Nadia Surya Wulandari mengatakan, dengan mengikuti studium general sangat banyak manfaat yang didapatkan yang kelak akan berguna untuk jurusannya ke depan.

“Melalui kegiatan tersebut dapat mengetahui makna dari sebuah kata yang terdapat dalam Al-Qur’an dan mendapatkan pengertian bagaimana cara memahami makna. Saya berharap lebih banyak dilakukan studium general agar membantu mahasiswa membuka pengetahuan dan wawasan lebih dalam,” ujar Nadia.

(Naila Fitri)

Comments