News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Farisa Amalia : Perbanyaklah Konsumsi Buah dan Sayur

diposting pada tanggal 17 Mei 2017 17.17 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Farisa Amalia saat menjawab pertanyaan peserta studium general

Rabu (17/5), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hukum mengadakan Studium General untuk seluruh mahasiswa Ilmu Hukum pada pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB di teater lantai enam Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Acara yang bertema “Edukasi dan Update Informasi Mengenai Asupan dan Gizi dalam Menyambut Bulan Ramadhan”, menghadirkan narasumber nutritionist Farisa Amalia, S.Gz., M.Sc.

Farisa Amalia memaparkan, manusia dalam memenuhi kebutuhan tubuh ada dua yaitu kebutuhan gizi dan cairan. Menurutnya, kebutuhan gizi antara perempuan dan laki-laki berbeda. Untuk menghitung berapa banyak kebutuhan gizi yang diperlukan perempuan, dapat diketahui dengan cara mengkalikan berat badan dengan 25, dan untuk laki-laki dikalikan 30. Selain itu, tubuh juga memerlukan karbohidrat, protein, dan lemak. Saat ini ,menu empat sehat lima sempurna sudah diganti dengan tumpeng gizi seimbang yaitu berdasarkan prinsip-prinsip makanan sehat.

Kebutuhan cairan dapat dihitung melalui 30-35 mililiter dikalikan berat badan. Saat berpuasa, seseorang akan mengalami dehidrasi jika kekurangan cairan. Guna mencegah hal itu, maka dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi, dan memakan makanan berkuah.

“Untuk menjaga cairan tubuh saat berpuasa juga bisa dengan mengurangi konsumsi makanan pedas karena dapat memicu rasa haus. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air dan yang terakhir pastikan cukup mengkonsumsi cairan dan ion,” jelas Farisa.

Ketua pelaksana, Muhammad Ulin Nuha mengatakan bahwa kegiatan Studium General merupakan salah satu rangkaian acara pra-event Law Art and Sport (Lawas). Ulin juga mengatakan, dalam menghadapi bulan puasa mahasiswa tetap melakukan aktivitas perkuliahan sehingga harus bisa menjaga kondisi fisik yang seimbang. Dirinya berharap, dengan diadakannya kegiatan ini mahasiswa dapat menerapkan pola hidup sehat selama Ramadhan.

(Naila Fitri)

Comments