News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Fdikom Adakan Kuliah Dosen Tamu

diposting pada tanggal 5 Okt 2017 10.17 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Prof. Dr. Gati Gayati saat menjelaskan perkembangan penelitian

Kamis (5/10), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) menggelar kuliah dosen tamu, dengan mengusung tema “Tren Riset Komunikasi Di Era Digital”. Acara yang bertempat di Teater Prof. Dr. Aqib Suminto ini diikuti oleh lebih dari 150 mahasiswa dan dosen. Acara yang dimoderatori oleh Bintan Humeira diisi oleh narasumber Prof. Dr. Gati Gayati dan Prof. Dr. Ibnu Hamad  berlangsung menarik.

Prof. Dr. Gati Gayati, dalam materinya menyampaikan dalam penelitian, memerlukan waktu bertahun-tahun, tidak cukup meneliti dalam jangka waktu 1 sampai 2 bulan saja. Prof Gati menambahkan, penelitian memang terasa susah. Namun, jika sudah asik dengan penelitian yang kita lakukan maka akan terasa asik, hingga lupa makan, tidur, dan segalanya. Ia mengungkapkan, pada tahun 1996 hingga 2000 peneliti banyak menggunakan metode kualitatif, dikarenakan pada saat itu belum banyak yang memahami metode kuantitatif. Prof Gati berharap agar mahasiswa hendaknya mencoba penelitian kuantitatif perkembangan, dengan metode kritis agar penelitian yang diteliti akan lebih baik dan bagus.

Prof Dr. Ibnu Hamad mengatakan, penelitian ilmiah adalah upaya dalam menjawab masalah penelitian melalui satu atau lebih perspektif teori, dengan sebuah metodologi penelitian. Prof. Ibnu Hamad menambahkan adanya keberadaan teori bertujuan untuk menjadi tuntutan dan membangun ilmu pengetahuan, yang perlu ditambahkan. Menyinggung tentang era digital, Prof. Ibnu Hamad mengatakan posisi Indonesia ada di rangking ke enam dan masih kalah dengan negara yang ada di ASEAN. “Harus ada niatan jika ingin melakukan penelitian, pahami apa masalah dan tujuan yang akan diteliti,” tuturnya.

(Seli Nursolihat)

Comments