News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Fdikom Gelar Seminar Komunikasi dan Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap

diposting pada tanggal 24 Jan 2018 12.07 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Seminar Komunikasi dan Rapat Persiapan Semester dilangsungkan di Teater Prof. Aqib Suminto, Lantai 2 Fdikom

Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) telah mengadakan rapat terkait persiapan perkuliahan semester genap untuk mahasiswa di Teater Profesor Aqib Suminto Lantai 2 Fdikom.  Rapat ini juga dihadiri Profesor Elyske dari Univerity of Queensland. The Master of Communication At The University of Queensland (UQ), Brisbane, Australia menyediakan program menarik yang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berprestasi dalam bidang komunikasi yang terus berkembang.

Pimpinan rapat, Suparto mengatakan, acara yang diikuti dosen ini dilakukan setiap semester guna mengetahui kritik dan saran untuk pengembangan fakultas. Rapat ini juga diadakan untuk memberikan informasi mengenai mata kuliah dan satuan kredit semester (SKS) kepada dosen yang mengajar pada mata kuliah terebut. Pada rapat ini dosen juga berhak mengeluarkan masukan untuk meningkatkan mutu akademik, layanan, sarana dan prasarana. Masukan bisa dilakukan secara tertulis maupun lisan serta mahasiswa juga dapat memberikan kritik untuk kemajuan fakultas. “Semoga kegiatan ini dapat membuat tenaga pendidik dan sistem pendidikan di Fdikom menjadi lebih baik setelah dilakukannya evaluasi di setiap rapat,” harapnya.

Profesor Elsyke dari UQ  mengatakan, komunikasi harus dilihat dari situasi dan kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam suatu wilayah. Komunikasi juga harus dikembangan dengan benar. Baik dalam sistem pemerintahan, juga kemasyarakatan secara keseluruhan. Mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan tentang komunikasi teori dan dinamika, serta keterampilan profesional yang kritis dan praktis. Bidang studi ini mengeksplorasi di mana komunikasi dapat dimanfaatkan untuk membawa perubahan perilaku dan pengetahuan pada komunikasi. “Di Indonesia sudah banyak mahasiswa yang berprestasi pada bidang komunikasi, seperti menulis berita internasional dan announcing. Media komunitas sangat penting karena menjadi wadah di mana semua orang bisa bersuara dan mengungkapkan pendapat tanpa didominasi orang luar,” paparnya.

(Syifa Nurisnaini Kaltsum)

Comments