News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Fenomena Lagu Religi Sambut Ramadhan

diposting pada tanggal 7 Jun 2016 18.32 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, banyak cara yang dilakukan masyarakat luas. Salah satunya,  memproduksi lagu bernuansa religi yang didebut oleh setiap musisi tanah air.  Hal tersebut teridentifikasi lewat lirik, maupun aransemen melody yang dinyanyikan. Pasalnya, lagu religi hanya diproduksi jelang Ramadhan. Menanggapi fenomena lagu religi setiap Ramadhan, ini komentar mahasiswa.

 

Mahasiswa  Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) jurusan Sastra Inggris semester 8 Halimatu Sa’diyah manyatakan, semangat para musisi sambut Ramadhan dengan memproduksi lagu religi atau Islami, terbilang baik. “Selama makna yang dimaksud dalam lirik lagu tidak bersebrangan dengan syariat Islam,” terangnya. Halimah menambahkan, lirik yang disampaikan kepada penikmat musik selain bisa dihayati, seharusnya mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari  musisi maupun pendengar.

 

“Hadirnya lagu religi saat Ramadhan sangatlah baik. Terutama lagu-lagu musisi Opick, yang syairnya dapat direnungi dan sarat makna,” kata  Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) konsentrasi Jurnalistik semester 2, Nur Fauziyah.  Nur berharap, musik yang bernuansa religi tidak hanya ada di bulan Ramadhan, namun di bulan-bulan seterusnya.


(oleh : nida muharram kumala sari)

Comments