News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Festival Arab Nusantara Kembali Hadir

diposting pada tanggal 27 Nov 2017 08.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Sudah jadi agenda tahunan, memperingati Milad jurusan Bahasa dan sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sekaligus menyambut peringatan Hari Bahasa Arab sedunia yang jatuh pada 18 Desember, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab kembali menggelar Festival Arab Nusantara (FAN) untuk kedua kalinya pada 11 Desember 2017. Tidak hanya terdiri dari berbagai macam lomba, FAN juga turut menghadirkan seminar nasional, pawai budaya dan Zawiyatun Faniyatun. Tak hanya untuk mahasiswa, berbagai perlombaan pada FAN tahun ini turut mengajak siswa SMA dan kategori umum untuk turut serta.

Ketua HMJ Bahasa dan Sastra Arab Fadhli Yuliansyah memaparkan, tujuan dari dilaksanakannya FAN ini selain untuk memperkenalkan jurusan Bahasa dan Sastra Arab, juga menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa dari jurusan yang sama, atau orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap kebudayaan Arab. “Masih dalam serangkaian FAN, nanti akan kami sediakan panggung terbuka bagi mahasiswa yang ingin menampilkan kebolehannya dalam kebudayaan Arab,” ujar Fadhli.

Berbeda dengan FAN tahun lalu, menurut Fadhli kali ini FAN memiliki jangkauan yang lebih luas, tidak lagi bertaraf Jabodetabek, tahun ini FAN mulai bertaraf Nasional. “Semoga FAN dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi sekaligus mengembangkan potensi, tak luput menjadi ajang mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab se-Indonesia untuk bersilaturahmi,” harap Fadhli.

Koordinator perlombaan Lulu memaparkan, pada FAN 2017 ini ada beberapa perlombaan yang akan digelar, seperti qiraatul kutub, membaca berita bahasa Arab, marawis, puisi dan pidato bahasa Arab, taqdimul qishah, kaligrafi, serta debat bahasa Arab. Mengaku persiapan sudah sampai pada angka 100 persen, Lulu mengatakan kendala ada pada peserta dan beberapa jenis lomba yang belum memenuhi jumlah yang di targetkan. Lulu menambahkan, FAN 2017 akan kedatangan kedubes Arab pada penghujung acara nanti. “Semoga FAN 2017 dapat berlangsung fun, lancar dan lebih baik dari sebelumnya,” harap Lulu.

(Syarifatul Adibah) 

Comments