News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

FKIK UIN Jakarta Buka Prodi Baru

diposting pada tanggal 11 Feb 2016 09.11 oleh Radio RDK UIN Jakarta

(11/02) Proses Wawancara dengan Kepala Prodi Apoteker Dr.Azril Fitria


Fakultas Kedokteran dan ilmu kesehatan FKIK UIN Jakarta, membuka program studi (Prodi) baru, yaitu Apoteker. Prodi yang di sahkan (16/01) lalu ini, telah membuka pendafataran sejak Surat Keputusan (SK) turun.

Bisa dikatakan, seorang apoteker memiliki masa depan yang cerah karena jasanya selalu dibutuhkan di berbagai macam bidang. Dalam bidang industri kefarmasian, apoteker dibutuhkan untuk mengembangkan berbagai macam penemuan obat baru dan juga untuk mengontrol keseluruhan proses produksi obat di pabrik.

Di bidang pelayanan kesehatan, apoteker dibutuhkan di apotek, puskesmas, rumah sakit, dan klinik kecantikan. Apoteker juga dibutuhkan oleh distributor obat atau pedagang besar farmasi. Di bidang pendidikan dan penelitian, apoteker dibutuhkan di sekolah farmasi dan universitas dan juga di lembaga penelitian. Apoteker juga dibutuhkan dalam pemerintahan di lembaga pengawas obat dan makanan atau institusi-institusi lain yang terkait. Tak perlu khawatir, seorang apoteker dapat diandalkan sebagai pencari nafkah utama dalam keluargamu kelak atau sebagai pendukung finansial rumah tangga.

Jalur masuk pendaftaran Prodi baru ini hanya melalui Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Baru (SPMB) mandiri.


"Pendidikan profesi Apoteker, merupakan lanjutan dari sarjana farmasi S1. Tahap pendidikan profesi berupa pemberian pemahaman akademik, dan pengalaman praktek profesi yang dilaksanakan di fasilitas pelayanan kefarmasian." ujar Dr.Azril Fitria MSI APT, Kepala Prodi Apoteker.  "Saya berharap,  program profesi ini dapat menghasilkan apoteker muslim yang terkemuka." tutupnya.

 

Mahasiswi FKIK, jurusan Farmasi, semester 7, Ismatu Zulfa mengungkapkan, adanya Prodi  profesi apoteker ini, merupakan sebuah perkembangan dari farmasi itu sendiri. Zulfa menambahkan, semoga kedepannya lebih banyak perkembangan lagi.

(oleh : Juliah)

Comments