News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

FST Selenggarakan Donor Darah

diposting pada tanggal 5 Apr 2017 06.38 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui5 Apr 2017 06.40 ]
Peserta sedang melakukan donor darah

Darah sangat diperlukan oleh manusia. Cairan merah itu walau hanya berbentuk layaknya air kental, namun keberadaannya sangat penting bahkan begitu diperlukan bagi keberlangsungan hidup manusia. Terlebih bagi orang-orang yang memerlukan darah, dalam artian memiliki penyakit. Fakta tersebut menjadi perhatian khusus bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) UIN Jakarta dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Lembaga tersebut menyelenggarakan kegiatan donor darah di sekretariat Dema FST Rabu (5/4) sejak pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Terkait kegiatan tersebut, Ketua Dema FST, Muhammad Nnur Aziz mengatakan, kegiatan donor darah tersebut adalah buah dari kerjasama antara KSR PMI UIN Jakarta dengan Dema FST. Pada awalnya, pihak dari KSR PMI UIN jakarta menghubungi Dema FST di hari sabtu. Dalam perbincangan itu, pihak KSR PMI berencana mengadakan kegiatan donor darah, namun terkendala akan tempat yang belum ditentukan. Maka dari itu, Aziz menambahkan, Dema fST yang ruangan sekretariatnya strategis dan terdapat ac di dalamnya, dirasa sangat cocok digunakan untuk kegiatan tersebut.

Aziz juga menuturkan, pihak Dema FST sebenarnya hanya sebagai fasilitator, namun ikut juga dalam menyebarkan informasi terkait kegiatan donor darah. “Mengenai kendala, rencana kegiatan baru saja dibicarakan hari Sabtu, maka penyebaran informasi baru bisa dilakukan pada hari Minggu yang menyebabkan masih kurangnya kabar yang diterima oleh khalayak. Untuk target, pihak pelaksana mengharapkan lebih dari 85 kantong darah yang lolos, sehingga penyalurannya pun dapat lebih baik. Saya berharap, darah-darah yang didonor tersebut bisa bermanfaat bagi kemanusiaan,” papar Aziz.

Menambahkan pernyataan tersebut, salah satu pendonor yang merupakan mahasiswa FST Jurusan Teknologi Informasi semester dua, Ardinal Mukhtar mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi banyak orang. Dirinya yang merupakan mahasiswa baru mengungkapkan jika kegiatan tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Ardinal berharap, kegiatan-kegiatan serupa dapat terlaksana lagi tidak hanya di FST, namun juga di fakultas-fakultas atau instansi lain.

(Fathur Alfarizi)

Comments