News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Gedung Baru FAH Berasap Tebal

diposting pada tanggal 1 Mar 2017 15.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) baru saja meresmikan gedung baru sebagai kampus tiga UIN Jakarta. Peresmian dilakukan pada Selasa (28/2) siang oleh Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA. Namun malam hari setelah gedung baru tersebut diresmikan, terjadi insiden yang membuat geger warga sekitar hingga pemadam kebakaran datang ke lokasi gedung baru FAH yang berlokasi di Legoso.

Salah satu mahasiswa yang datang saat kejadian berlangsung sekaligus wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FAH,  Usama Balfaqih mengatakan, kejadian tersebut terjadi setelah salat Isya. “Awalnya asap timbul pada lantai tiga, namun asapnya sangat banyak sehingga menimbulkan kepanikan. Setelah ditelusuri, ternyata asap berasal dari salah satu pendingin ruangan yang korslet dan membakar beberapa kabel di sekitarnya,” papar Usama. Ia menambahkan, enam unit mobil pemadam kebakaran dari Lebak Bulus sempat datang. Saat diselidiki ke dalam gedung, ternyata sumber api telah padam dan pihak pemadam kebakaran hanya mengamankan serta menyiagakan daerah gedung baru FAH. Saat kejadian berlangsung, tidak ada mahasiswa yang berada di gedung baru karena diinstruksikan untuk tidak menempati gedung baru sampai malam hari.

Usama berpendapat, kejadian ini akibat pengerjaan gedung yang seolah buru-buru. “Korslet yang hampir menyebabkan kebakaran tersebut karena proyek penyelesaian gedung baru yang terkesan kejar waktu, sehingga menyebabkan sarana dan prasarana yang belum siap,” ungkapnya. Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Wakil Dekan FAH bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan kerjasama, Dr. zubair, M.Ag. Namun, mahasiswa dihimbau untuk tidak terlalu takut karena pihak kampus telah menyediakan alat pemadam api yang disiapkan di beberapa titik jika kembali terjadi hal serupa.

Salah satu saksi mata yang enggan disebutkan namanya mengatakan, asap yang ditimbulkan sangat tebal hingga ke Asrama Putra UIN Jakarta. Hal itu membuat warga panik dan menghubungi pihak pemadam kebakaran. “Saat pemadam kebakaran datang, tidak ada api yang menyambar gedung. pihak pemadam kebakaran hanya menyelidiki bagian dalam gedung dan ternyata sumbernya dari pendingin ruangan lantai tiga gedung baru,” katanya.

(Fathur Alfarizi)

Comments