News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Gelaran Seminar dan Bedah Buku Karangan Rektor UIN Jakarta

diposting pada tanggal 22 Mei 2017 22.53 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA saat membedah buku
Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah

Senin (22/5), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Pendidikan melaksanakan sebuah kegiatan berpendidikan yakni seminar dan bedah buku. Bedah buku itu sendiri merupakan pembedahan buku karangan Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA yang berjudul Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah.

Seminar dan bedah buku yang dipimpin moderator sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. Zahruddin, Lc., M.pd ini juga menyajikan narasumber lain yakni Dede Rosyada, Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag dan Prof. Dr. Husni Rahim, MA. Seminar dan bedah buku tersebut diselenggarakan sejak pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di Teater lantai 3 FITK.

Wakil ketua HMJ Manajemen Pendidikan, Reza Rizkia mengatakan seminar yang mendatangkan Rektor UIN Jakarta tersebut memiliki sasaran yakni sekolah-sekolah, khususnya di sekitaran Ciputat. Sekolah itu antara lain SMA, SMK, dan MA. Rizki menuturkan, seminar dan bedah buku yang dihadiri lebih dari 70 peserta ini didatangi oleh beberapa kepala sekolah, salah satunya SMAN 02 Tangerang Selatan. Selain kepala sekolah, juga terdapat perwakilan serta delegasi dari berbagai sekolah lainnya di sekitar Ciputat.

Rizki menjelaskan, seminar dan bedah buku ini tidak bekerjasama dengan pihak manapun, justeru HMJ Manajemen Pendidikan mengundang segenap kepala sekolah dan delegasinya untuk datang. Sebab, seminar dan bedah buku tersebut sangat berarti karena dikarang langsung oleh Dede Rosyada dan bertujuan untuk menciptakan sekolah berkualitas namun juga berharga murah.

“Jika sekolah berkualitas namun harga mahal, Ciputat telah memiliki Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Tapi belum ada yang bisa menyamai kualitas tersebut dengan harga yang miring,” komentarnya.

Panitia seminar dan bedah buku sekaligus pembawa acara, Muqsith Muhammad Ridho mengatakan, Rektor UIN Jakarta hanya memfokuskan bahasannya mengenai bukunya saja, tidak merembet kepada hal yang lain. Menurutnya, seminar dan bedah buku tersebut bertujuan agar bagaimana menjadi guru yang profesional. Sebab, mayoritas peserta juga merupakan mahasiswa Manajemen Pendidikan yang nantinya akan dibentuk menjadi kepala sekolah tetapi harus menjadi guru biasa terlebih dahulu. Harapan lelaki yang akrab disapa Edo ini ialah terciptanya sekolah yang berkualitas dan apa yang disampaikan dalam seminar dan bedah buku tersebut dapat diterapkan kelak.

(Fathur Alfarizi)

Comments