News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Green Campus Season II oleh Ranita

diposting pada tanggal 23 Apr 2017 07.02 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Anggota Ranita sedang melakukan orasi lingkungan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Bumi, Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Raden Ibnu Batutah (Ranita) mengadakan Green Campus Season II Jumat (21/4) lalu. Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB ini bertempat di taman Student Center (SC)

Ketua umum KMPLHK Ranita, Ahmad Barqu Syudjai mengatakan, walaupun Hari Bumi jatuh pada 22 April tetapi Ranita menggabungkan keduanya dengan kegiatan Kartini Menanam. Selain itu acara dimajukan karena mengingat 22 April tepat pada hari Sabtu dan sedikit mahasiswa yang melakukan kegiatan. Alasan diambilnya tema Green Campus Season II karena ingin menciptakan kampus hijau, dalam masalah pembangunan lahan hijau dan kelestarian lingkungan.

“Hari ini juga dilakukan kegiatan one day no lift yang diperintahkan pihak kampus. Penggunaan energi dalam pemakaian lift menggunakan bahan batubara yang memerlukan daya 11 ribu watt dalam sekali pemakaian,” ungkap laki-laki yang kerap disapa Berpa. Dirinya juga menuturkan bahwa dari segi pembangunan ruang terbuka hijau masih sedikit dan terkadang lahan terbuka digunakan untuk parkir motor.

“Setelah mahasiswa melakukan perkuliahan selalu dihadapkan dengan pemandangan yang gersang dan panas. Mahasiswa juga membutuhkan ruang terbuka hijau untuk menghilangkan kepenatan,” keluhnya.

Ketua pelaksana, Windi Dwijayanti mengatakan, dalam memperingati Hari Kartini dan Hari Bumi, Ranita membuat taman vertikultur yang diadakan di taman SC. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kampus hijau dan mengubah kebiasaan mahasiswa unutk parkir ditaman SC. Windi juga mengatakan, selain menanam juga dilakukan orasi lingkungan dan kreasi daur ulang atau handcraft yang diikuti oleh mahasiswa. Perempuan yang kerap disapa Sunil mengatakan, minat mahasiswa masih minim terhadap orasi lingkungan. Ia berharap semoga mahasiswa lebih aktif dan lahan hijau dikampus semakin banyak.

(Naila Fitri)

Comments