News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Himpunan Mahasiswa Primordial FKMB Buka Pendaftaran Bimtes

diposting pada tanggal 20 Apr 2017 18.44 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Anggota FKMB sedang menjaga stand pendaftaran bimtes

Kegiatan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang telah usai, menjadi pertanda awal akan dibukanya pendaftaran calon mahasiswa baru di tingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Tak ayal, momen ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa organisasi primordial untuk mengadakan bimbingan tes (bimtes) guna menghadapi seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) UIN Jakarta. Salah satunya ialah organisasi primordial Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi (FKMB).

FKMB sendiri telah membuka pendaftaran bimtes sejak 10 April lalu dan juga mendirikan stand di samping Auditorium Harun Nasution. Bimtes bernama genius ini akan diselenggarakan di SMPN 3 Tangerang Selatan (Tangsel) selama 6 hingga 7 Juni mendatang.

Anggota FKMB, mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Jurusan Muamalat semester enam bernama Devi mengatakan, bimtes ini semata-mata bertujuan untuk memberi pembelajaran bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Jakarta. Dalam bimtes ini ada lebih dari sepuluh pengajar yang terdiri dari mahasiswa aktif maupun alumni, yang akan mengajarkan soal-soal terkait pelaksanaan SPMB tersebu. Tak hanya itu, camaba yang jarak rumahnya jauh dari tempat pelaksanaan bimtes diperkenankan untuk menginap tanpa adanya biaya tambahan.

“Ada sedikit perbedaan antara bimtes tahun lalu dengan tahun sekarang, yaitu terjadinya pengurangan kuota bagi peserta bimtes. Hal ini bertujuan agar nantinya, peserta dapat lebih fokus dan kondusif saat pemberian materi sedang dilakukan. Saya berharap meski ada pengurangan kuota, hal ini tak menyurutkan semangat camaba untuk mengikuti bimtes, dan dapat merasa terbantu sebelum menghadapi ujian SPMB,” kata Devi.

Senada dengan Devi, anggota FKMB lain bernama Azkiyah juga mengharapkan hal yang sama. Dirinya pun tak menyanggah bahwa kegiatan bimtes ini tidak hanya dilakukan oleh FKMB melainkan juga dilakukan oleh organisasi primordial Himpunan Mahasiswa Banten (HMB). Namun dibalik itu semua, baginya yang terpenting adalah bagaimana camaba dapat mengerjakan soal dengan lancer, serta bisa memperoleh jurusan seperti yang mereka inginkan.

(Faizah Fitriah)

Comments