News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HIPMI UIN Jakarta : HIPMI Hadir Untuk Semua Kalangan

diposting pada tanggal 20 Mar 2017 09.53 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Pelantikan pengurus yang dibarengi dengan seminar kewirausahaan bertajuk “Menciptakan Potensi Mahasiswa Dalam Berwirausaha : Temukan Kickoff Usahamu” telah dilaksanakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT) UIN Jakarta, Senin (20/3). Acara yang bertempat di gedung aula madya lantai satu ini dimulai pukul 08.00 dan dihadiri oleh 30 pengurus yang akan dilantik.

Berdirinya HIPMI PT UIN Jakarta ini bermula dari terpilihnya Andanu Ibrahim, mahasiswa UIN di HIPMI PT Banten, yang mengurusi seluruh perguruan tinggi se-Banten Raya. Kemudian Andanu ditugaskan untuk membentuk HIPMI PT di kampus, sehingga terbentuklah HIPMI PT UIN Jakarta.

Bendahara umum HIPMI PT Banten sekaligus penggagas HIPMI PT UIN Jakarta, Andanu Ibrahim mengungkapkan, untuk kriteria anggota yang ingin bergabung dengan HIPMI yakni memiliki passion di bidang entrepreneurship. Menurut Andanu, sejauh ini antusias mahasiswa yang bergabung dengan HIPMI sangat luar biasa.

Tak hanya itu, ia juga menuturkan cara mengemas sosialisasi HIPMI PT kepada mahasiswa dengan cara memberi doktrin bahwa hadirnya HIPMI PT UIN Jakarta bukan hanya sebagai organisasi eksklusif saja. “Pada prinsipnya, HIPMI hadir untuk semua kalangan,” jelasnya. Terkait persoalan biaya pendaftaran, Andanu mengatakan biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 200.000 untuk membuat Kartu Tanda Anggota (KTA). “Namun itu semua kembali kepada kebijakan ketua umum HIPMI UIN Jakarta,” tambah Andanu.

Andanu mengatakan, HIPMI sangat menghalalkan bagi anggotanya untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan luar. Hal ini sebagai jembatan bagi mahasiswa untuk mencari peluang berwirausaha. Terkait seminar kewirausahaan, Andanu menyatakan bahwa itu merupakan salah satu strategi marketing dalam menyosialisasikan apa itu HIPMI kepada mahasiswa. “Saya berharap setelah diadakannya pelantikan dan seminar kewirausahaan ini, dapat memunculkan embrio-embrio baru pengusaha muda di lingkungan UIN Jakarta,” katanya.

Salah seorang anggota terlantik HIPMI PT UIN Jakarta, Roby Zularham menuturkan alasannya bergabung dengan organisasi yang bergerak di bidang wirausaha ini. Menurutnya, ia ingin menambah relasi dalam dunia wirausaha. Roby berharap agar ke depannya kampus dapat menjadi wadah untuk mencetak pengusaha muda. “Yang dibutuhkan saat ini bukanlah pelamar pekerjaan, melainkan pengusaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” tegas Roby.

(Faizah Fitriah)

Comments