News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ BPI Adakan Baur Bersama Anak Yatim Piatu

diposting pada tanggal 5 Jun 2017 07.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui6 Jun 2017 00.59 ]
Anak-anak panti asuhan menikmati keseruan buka puasa bersama

Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) telah mengadakan acara Buka dan Sahur Bersama (Baur) di Yayasan Al-Mizan Cinere dan Gandul. Jumlah anak yatim piatu yang hadir adalah 30 anak yang tercatat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Ketua pelaksana Baur, Nurul Anwar mengatakan, acara diawali dengan sholat maghrib berjamaah, sholat isya dan tarawih, witir, lalu menonton film tentang nabi-nabi, kemudian istirahat. Pada pukul 03.00 WIB bangun untuk solat tahajjud dibarengi dengan sahur. Setelah itu dilanjut dengan sholat subuh dan siraman rohani.

Nurul Anwar menambahkan, kegiatan berikutnya adalah senam, lomba, dan menonton kisah nabi yang kemudian diakhiri dengan acara penyantunan oleh donatur. Anwar mengatakan, Baur sudah menjadi acara rutin HMJ BPI namun yang membedakan hanyalah konsepnya. Tahun ini, agenda yang diperbarui ialah menonton film nabi. Acara yang sudah dipersiapkan sejak dua bulan lalu ini berlangsung selama dua hari satu malam. Dirinya berharap dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan rasa kekeluargaan untuk lingkungan sekitar.

Bendahara acara Baur, Siti Fikhriyah mengungkapkan tidak ada kendala yang ditemui dalam menjalani agenda ini. Perempuan yang kerap disapa Yayah ini mengaku, banyak alumni BPI yang memberi sumbangan sebagai donatur.

“Partisipasi dari para donatur sangat tinggi pada saat hari H. Antusiasme dari anak yatim piatu pun sangat tinggi karena mereka sangat menikmati rangkaian acara,” ujar Yayah.

Selain mendapat sumbangan dana dari donatur, pembiayaan juga didapat dari hasil berjualan dan bantuan sponsor. Ia berharap semoga tradisi Baur dapat terus berlangsung, serta mahasiswa BPI terus mengapresiasi terhadap acara-acara yang diadakan HMJ BPI.

(Faizah Fitriah)

Comments