News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ EP Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah

diposting pada tanggal 22 Jul 2017 09.40 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan (EP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta siap menyelenggarakan acara bergengsi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional atau Economic Call for Paper National Championship (Eclaship) dengan tema Digital Trend and Economic Challenge. Alasan mengangkat tema tersebut ialah melihat fakta bahwa perilaku masyarakat Indonesia sangat berorientasi dengan era digital yang diharapkan para ekonom muda dapat menjawab dan menghadapi tantangan yang ada dengan menuangkan ide-idenya dalam perlombaan karya tulis ilmiah tersebut. Pendaftaran sekaligus pengumpulan karya tulis ini dibuka pada 10 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Pesertanya pun ditujukan dari kalangan universitas negeri maupun swasta yang berpartisipasi diharapkan mampu menjadi agen perubahan untuk menjawab tantangan ekonomi global saat ini.

Ketua pelaksana, Wahyu Kurniawan mengungkapkan,  Eclaship  adalah perlombaan karya tulis ilmiah dan termasuk event terbesar yang diadakan setiap tahunnya yang terbuka untuk seluruh mahasiswa jenjang S1 dan sederajat di Indonesia. Wahyu berujar, Eclaship sudah diadakan untuk kedua kalinya dalam sejarah HMJ EP yang sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun lalu. “Tujuan lomba ini diadakan adalah, menyediakan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang penelitian yang berskala nasional, yang diharapkan mahasiswa dapat memberikan pemikiran serta ide-ide cemerlangnya membantu bangsa dalam menghadapi segala situasi permaslahan dalam perekonomian,” tutur Wahyu. Wahyu menambahkan, acara yang di selenggarakan setiap tahunnya ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu pemikiran dan kegiatan penelitian dikalangan mahasiswa dapat jadi lebih bermanfaat bagi pembangunan perekonomian bangsa Indonesia kedepannya.

Sekertaris koordinator Liaison Officer (LO), Muhammad Satria Haekal mengatakan bahwa, lomba ini mempunyai beberapa tahap-tahap setelah pendaftaran. “Penulisan karya tulis ilmiah gelombang 2, pengumuman finalis, registrasi ulang para finalis yang lolos, technical meeting, persentasi karya tulis ilmiah para peserta, field trip dan gala dinner serta yang terakhir ada seminar dan pengumuman pemenang Eclaship,” papar Satria. Satria menambahkan, perlombaan ini akan memenangkan juara satu dengan hadiah uang tunai sebesar Rp 6.000.000,- dengan trofi serta sertifikat dan masih banyak lagi. Satria berharap dengan adanya hadiah tersebut dapat menambah menarik minat para peserta untuk  ikut berpartisipasi.

Shari Ayu Saraswati  
Comments